Suzuki Skydrive, Skuter Bongsor yang Gagal di Pasaran

 2694 views

Ketika pasar skuter matik di Indonesia mulai menggeliat sejak pertengahan tahun 2000-an, pun tak mau ketinggalan dengan merilis model motor otomatis mereka, yaitu Skydrive. Saat itu, Skydrive diluncurkan PT Indomobil Sales pada tahun 2009 untuk bersaing langsung dengan Honda Vario 125 dan juga Mio Soul.

suzuki skydrive – www.motorkeren.com

 

Skuter matik yang mengusung tagline “dynamatic” ini sebenarnya berpotensi bagus dengan mengusung yang bongsor sehingga terkesan gagah. Namun sayangnya, bentuk keseluruhan bodi Skydrive tergolong aneh sehingga tidak begitu disukai masyarakat. Selain itu, dengan bodi yang bongsor, skuter ini hanya dibekali dengan fitur bagasi bervolume kecil, setara Yamaha Mio generasi lama.

Seakan menyadari kesalahannya, Suzuki pun merilis versi Skydrive Special Edition pada tahun 2012 dengan sejumlah pembaruan. Model ini telah mengusung front rack dan hooks yang cukup besar guna memungkinkan pengendara menempatkan botol minum, kunci, karcis, dll. Untuk menambah rasa aman pengendara, pabrikan juga membekali skuter ini dengan fitur kunci kontak magnetic dengan switch on/off.

Selain itu, model terbaru ini juga didesain dengan sudut ergonomi yang detail dan presisi serta tampil dengan warna stripping yang lebih berani dan berkesan tajam. Tempat pijakan kaki juga dibuat dengan ukuran luas untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Sementara untuk sektor jantung pacu, Skydrive menggendong mesin tipe 4-stroke, silinder tunggal, SOHC, pendingin udara, berkapasitas 124cc. Dengan modal tersebut, skuter matik ini diklaim mampu meletupkan tenaga 6,9 kW pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak 9,6 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Ketika pertama kali dirilis, Suzuki membanderol Skydrive dengan Rp13 jutaan. Namun karena tidak kunjung laris di pasaran, produksi skuter matik ini kemudian terpaksa dihentikan. Berikut teknis Suzuki Skydrive.

Dimensi 1.900 x 655 x 1.050 mm
Jarak Sumbu Roda 1.265 mm
Jarak ke Tanah 155 mm
Tinggi Jok 760 mm
Berat 108 kg
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik, per spiral, Peredam Oli
Suspensi Belakang Lengan ayun, per ulir, Peredam Oli
Rem Depan Cakram Hidrolis, 1 Piston
Rem Belakang Tromol
Ukuran Ban Depan 80/90 – 14 M/C 40 P
Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14 M/C 46 P
Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, pendingin udara, silinder tunggal
Silinder 124cc
Diameter x Langkah 53,5 x 55,2 mm
Daya Maksimum 6,9 kW @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,6 Nm @ 6.500 rpm
Sistem Starter Elektrik dan Engkol
   
Penulis: