Inilah Keunggulan CDI Suzuki Shogun Kebo (Shogun 110)

 35138 views

Suzuki Shogun 110 merupakan salah satu legendaris yang pernah nongol di jalanan . Pertama kali hadir pada tahun 1995 silam, Shogun merupakan bebek 4-stroke pertama yang diproduksi Suzuki di Indonesia dan dianggap sebagai pelopor bebek 4-tak dengan bodi yang aerodinamis. Pasalnya, pada saat itu, lain masih berkutat dengan bodi yang kaku dan terkesan primitif.

suzuki shogun kebo – ongolongol.com

 

Generasi pertama Shogun hadir pada rentang 1995-1997. Karena bodi motor ini terlihat gemuk (mirip Tornado), maka di Indonesia Shogun 110 juga biasa disebut dengan Shogun Kebo. Kemudian, generasi kedua hadir pada tahun 1997, disusul generasi ketiga di rentang 2000-2003. Pada tahun 2004, produksi Shogun 110 terpaksa dihentikan dan namanya digunakan untuk sang kakak, Shogun 125.

Meski sudah dihentikan, namun popularitas Shogun 110 tak lantas surut. Selain produk bekas motor ini masih laku di pasaran, komponen Shogun 110 juga banyak dicari mekanik untuk kebutuhan . Dan, salah satu komponen Shogun 110 yang masih dicari hingga saat ini adalah CDI. CDI Shogun 110 banyak digunakan para pembalap Tanah Air karena dinilai memiliki banyak keunggulan.

Salah satu keunggulan CDI Suzuki Shogun 110 adalah bersifat unlimited. Karena itu, jika sepeda motor menggunakan CDI ini, ketika gas ditarik hingga maksimal, power motor tetap akan bertambah. Ini yang membuat CDI Shogun 110 banyak dicari pembalap untuk kebutuhan motor balap mereka.

Selain itu, CDI Shogun 110 yang dijual di pasaran memiliki yang relatif terjangkau. Cukup dengan biaya di kisaran Rp200 ribuan, konsumen sudah bisa mendapatkan CDI Shogun 110 ini. Namun, dengan banyaknya konsumen yang ingin memiliki dan sudah berhentinya produksi Shogun 110, maka CDI ini pun semakin langka ditemui.

Selain itu, cara kerja CDI Shogun 110 masih analog. Jadi, sangat mudah setting timing pengapian secara mekanis. Mekanik awam pun juga bisa melakukan setting CDI ini. Derajat timing pengapian bisa diatur lewat panjang pick up pulser, dan tonjolan pick up pulser dapat dilihat di mangkuk magnet.

Meski termasuk CDI unlimited, namun CDI Shogun 100 memiliki kurva pengapian yang masih . Jadi, CDI ini lebih cocok digunakan untuk mesin sepeda motor yang masih (belum dimodifikasi).

   
Penulis: