Motor Listrik Pertama Harley-Davidson Siap Meluncur dalam Waktu Dekat

 1254 views

New York – Pasca 4 tahun lalu memamerkan project LiveWire yang merupakan purwarupa sepeda , kini pihak HD menginformasikan jika akan segera menghadirkan listrik perdananya di pasar otomotif. listrik pertama Harley-Davidson tersebut siap tampil di depan khalayak umum pada 18 bulan mendatang. Target ini rupanya lebih cepat dari rencana awal yang baru akan diproduksi tahun 2021.

Harley-Davidson – www.harleyworldchesterfield.co.uk

“Tetapi kami yakin motor listrik premium Harley-Davidson akan mendorong kegembiraan dan ikut berpartisipasi secara global. Seiring dengan kemampuan dan komitmen listrik kami, kami semakin bersemangat dalam mengembangkan bisnis kami,” kata Presiden dan Chief Executive Officer Harley-Davidson, Matt Levatich, seperti dilansir Electrek.

Harley-Davidson pertama kali menyatakan minatnya terhadap sepeda motor listrik tahun 2014 lalu melalui konsep LiveWire, yakni sepeda motor keren andalan HD yang diklaim dapat menyemburkan tenaga 74 hp dan torsi 56 Nm. Motor ini juga disebut-sebut dapat menempuh kecepatan dari jarak 0-60 km hanya dalam waktu 4 detik.

“Tentu, dibutuhkan waktu lebih banyak dalam produksi. Energica Ego yang kami uji berjalan antara 90 dan 120 mil tergantung seberapa agresif Anda mengendarainya. Tapi, baterai sudah maju sejak saat itu, membuat angka serupa terbilang mudah dicapai,” ungkap Levatich.

Sayangnya pihak Harley-Davidson masih belum mengungkapkan apakah sosok motor listrik HD yang akan dirilis dalam 18 bulan mendatang tersebut merupakan proyek dari LiveWire atau motor listrik lainnya. Namun proyek ini disebut-sebut mempunyai dampak yang begitu besar ketika pertama kali dipamerkan tahun 2014. Sebab setelah itu, Harley-Davidson membuat beberapa prototype dan mengizinkan para pekerjanya mencoba motor tersebut dan memberi masukan.

Di sisi lain, pendapatan Harley-Davidson mengalami kenaikan pada kuartal IV 2017, akan tetapi angka penjualan Harley-Davidson sepanjang periode 2017 dilaporkan mengalami penurun hingga 6,7 persen di seluruh dunia dan 8,5 persen di wilayah Amerika Serikat. Harley-Davidson pun dilaporkan melakukan pemutusan hubungan kerja dengan beberapa karyawannya dan ke depannya mereka akan menutup pabrik yang berlokasi di Kansas, Missouri, dan York, serta Pennsylvania.

   
Penulis: