Motor Skuter Futuristik Yamaha QBIX Bakal Mengaspal di Indonesia?

 2555 views

Bangkok – Dalam ajang Bangkok International Show (BIMS) di Impact Challenger, Pak Kret, Thailand, Yamaha memamerkan salah satu skuter matik (skutik) andalannya, yakni Yamaha QBIX. Tak seperti skutik Yamaha selama ini, QBIX mengusung futuristik dengan bodi yang serba kotak.

Yamaha QBIX – tinhte.vn

Tak ayal jika Yamaha Thailand mengusung tagline ‘The Automatic Bike’ pada Yamaha QBIX. Seluruh lampu pada QBIX telah memakai LED, sehingga saat dinyalakan begitu terasa modern. Selain itu Yamaha juga menyematkan lainnya seperti panel full LCD, smart key system, answer back system, hingga stop and start system untuk mengefisienkan bahan bakar motor unik ini.

Baca juga:   Keren, BMW Motorrad Kembangkan Motor Otonom RS1200 yang Bisa Melaju Tanpa Pengemudi

Di sektor dapur pacu, ini hanya menggunakan basis dari Mio M3 125 Blue Core dengan kapasitas 125 cc SOHC, berpendingin fan yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 9,5 hp pada putaran 8.000 rpm dan torsi maksimal 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Yamaha Thailand mengklaim QBIX sebagai motor yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Yamaha QBIX 125 Blue Core tersedia dalam 3 , yakni standar, S, dan ABS. Perbedaannya terletak dari dimensi motor. S dan ABS memiliki dimensi lebih lebar 30 mm. Kemudian ABS tentu saja sudah dilengkapi pengereman Anti-lock Braking System (ABS).

Baca juga:   Susul NMAX, Honda Rilis All New PCX 150 Versi Lokal dengan Harga Bersaing

Lantas apakah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga bakal memboyong skutik futuristik tersebut ke Tanah Air? Namun sayang, kemungkinan YIMM tak akan menghadirkannya ke Indonesia. “Itu kan produksi Yamaha Thailand untuk Thailand. Untuk Indonesia, kami enggak tahu, tutur General Manager Aftersales Division YIMM, Muhammad Abidin, Kamis (30/3).

Baca juga:   Rilis Tahun 2019, Suzuki Siapkan Motor Terbaru Berteknologi Turbocharger

Lebih lanjut Abidin mengatakan bahwa pihaknya harus melihat terlebih dahulu pasar skutik di Indonesia. “Kami enggak ada niat ke arah sana. Segmen motor matik di Indonesia lebih ke arah Aerox, N-Max, yang tenaganya besar. Terbukti, angka permintaan Aerox sangat signifikan,” jelasnya.

   
Penulis: