Persaingan Makin Ketat, Yamaha Juga Bakal Kembangkan Motor Trail dengan Mesin Baru

Jakarta – Selama ini segmen sepeda trail kelas 150 cc di memang didominasi oleh produsen asal Jepang, Kawasaki. Oleh sebab itu beberapa produsen lainnya pun tampaknya tertarik untuk mencoba peruntungan di segmen yang sama. Setelah unjuk gigi lewat motor trail CRF150L, pun ingin mengekor di belakang dan mulai melakukan pengembangan di segmen penggaruk tanah.

Motor Trail Yamaha – www.tokopedia.com

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen tunggal pemegang Yamaha di Tanah Air belum lama ini memastikan akan menghadirkan sepeda motor trail dengan 150 cc. “Tapi kapan? Tunggu saja. Kami, Yamaha akan develop () baru, kami tidak akan pakai engine dari apa, modal apa. Tapi engine baru,” kata Deputy GM Marketing PT YIMM Eddy Ang, Sabtu (9/12), seperti dilansir Liputan 6.

Pernyataan Eddy ini tampaknya juga mengarah pada sosok Honda CRF 150L yang masih memakai basis mesin Verza berkapasitas 150 cc. Dari segi , pada dasarnya Yamaha Vixion dianggap sebagai calon basis mesin yang paling mumpuni untuk dioprek menjadi motor trail. “Ada kemungkinan di situ. Tetapi, harus dipelajari beda karakter mesinnya. Kalau off-road, biasanya akselerasi spontan, tarikan bawah kuat. Nah, belum tentu karakter mesin Vixion cocok. Sekarang masih pengembangan, risetnya sudah dimulai,” jelas Eddy.

Oleh sebab itu PT YIMM menegaskan jika pihaknya kemungkinan akan mengembangkan mesin yang benar-benar baru untuk motor trail besutannya kelak. PT YIMM sendiri mengungkapkan ketertarikannya untuk memproduksi motor trail setelah mengamati data impor perusahaan. Menurut Eddy, permintaan motor trail mengalami peningkatan, misalnya saja kebutuhan motor kelas Super Engine (SE) Yamaha, seperti YZ 125.

“Kami sedikit pelajari data impor, Yamaha YZ dan lainnya ternyata agak mengejutkan (kenaikannya). Kontribusi impor untuk off-road cukup besar, saya enggak bisa sebutkan angkanya,” pungkasnya. Jika Yamaha memang benar akan menelurkan produk off-road, tentunya persaingan di segmen ini akan semakin menarik. Kita tunggu saja kabar baik dari Yamaha!

   
Penulis: