Peugeot Bhama, Pelopor Motor Hybrid yang Kini Jadi Buruan Kolektor

 2821 views

Jika mendengar nama Peugeot, pikiran kita pasti langsung melayang pada mobil-mobil keren khas Eropa. Pendapat tersebut memang tidak salah karena pabrikan asal Prancis itu memang lebih dikenal sebagai perusahaan yang membuat kendaraan roda empat.

peugeot bhama – fjb.kaskus.co.id

 

Namun ternyata, selain kendaraan roda empat, Peugeot juga kerap merilis kendaraan roda dua atau yang evergreen. Salah satu motor yang pernah diterbitkan perusahaan otomotif tersebut adalah Peugeot Bhama.

Peugeot Bhama pertama kali diproduksi pada tahun 1972. Di luar negeri, motor bebek ini lebih dikenal dengan nama Peugeot 103. Kemudian, pada tahun 1982, motor ini didatangkan ke oleh Astra Group langsung dari negeri Ayam Jago.

Ketika pertama kali didatangkan ke Tanah Air, motor ini langsung memperoleh respon yang lumayan dari masyarakat perkotaan. Pasalnya, Peugeot Bhama mengusung yang kompak dengan model sistem hybrid, yaitu memiliki dua tenaga sebagai penggeraknya. Selain bisa dikendarai seperti motor dengan bahan bakar minyak, motor ini juga bisa dilajukan dengan dikayuh layaknya sepeda.

Pada saat itu, motor ini merupakan kendaraan yang banyak digunakan ibu-ibu jika ingin pergi ke pasar. Selain itu, Peugeot Bhama juga kerap digunakan para pekerja kantoran, khususnya bapak-bapak, yang malas jalan kaki atau bersepeda.

Untuk sektor jantung pacu, Peugeot membekali motor hybrid ini dengan 2-stroke, berpendingin udara, berkapasitas 50cc. Dengan modal tersebut, Peugeot Bhama diklaim bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 45 km per jam melalui sistem transmisi otomatis. Untuk menghentikan laju roda sepeda motor, terdapat rem model tromol, baik di roda depan maupun roda belakang.

Di Indonesia, Peugeot Bhama setidaknya hadir dalam tiga model. Namun, karena kalah dalam persaingan penjualan dengan motor-motor keluaran ATPM lokal yang memiliki model dan lebih mumpuni, maka distribusi motor ini resmi dihentikan pada tahun 1986. Meski begitu, kini Peugeot Bhama menjadi incaran para kolektor motor antik dengan jual yang tentunya melambung tinggi.

Berikut spesifikasi umum Peugeot Bhama.

Masa Edar di Indonesia 1982-1986
Tipe Mesin 2-stroke, pendingin udara
Silinder 50cc
Kecepatan Maksimal 45 km per jam
Transmisi Otomatis
Rem Depan Tromol
Rem Belakang Tromol
Roda Depan 225-17
Roda Belakang 250-17
   
Penulis: