Saingi Ducati Panigale, Honda Juga Bakal Bikin Motor Bermesin V4?

 473 views

Tokyo – Meski pasarnya mungkin tidak sebesar segmen motor matic, namun penggemar motor tetaplah ada. Oleh sebab itu sejumlah pabrikan motor raksasa tidak pernah benar-benar meninggalkan motor . Malahan beberapa produsen terus mengembangkan motor dengan mesin-mesin yang lebih gahar dari para kompetitornya, tak terkecuali dengan .

Honda V4 Concept – commons.wikimedia.org

Pabrikan asal Jepang ini sudah sejak lama dirumorkan bakal membenamkan mesin 4 silinder berkonfigurasi V4 seperti yang diusung Ducati Panigale V4 lewat superbike CBR1000RR. Kabar terbarunya, Honda kini sedang menyiapkan 2 fase jalur upgrade untuk CBR1000RR, sehingga para penggemar diharapkan untuk bersiap melihat perubahan fase kedua dari motor sport jagoan Honda tersebut.

Upgrade pertama dari rencana tersebut telah diwujudkan dalam Honda CBR1000RR 2017. Meski dikenalkan pada khalayak sebagai motor ‘baru’, namun Honda CBR1000RR hanya memperoleh ubahan minor pada yang telah ada selama 1 dekade tersebut.

Meskipun CBR1000RR 2017 telah memperoleh upgrade signifikan dari sisi elektronik, namun output tenaga motor ini tetap menjadi yang terendah di antara para kompetitor. CBR1000RR 2017 mengusung tambahan ride-by-wire, kontrol traksi, dan ABS cornering (pada model SP).

Lalu perubahan apa yang bakal disematkan Honda pada CBR1000RR 2019? “Fase berikutnya dalam rencana upgrade Honda dengan model 2019 merupakan perubahan besar-besaran dari model 2017. Dengan demikian, Honda V4 akan diperkenalkan dalam waktu tidak terlalu lama,” demikian seperti dilansir majalah otomotif ternama Jepang, Young Machine.

Young Machine juga menambahkan, agar Honda bisa sukses di pasaran, CBR1000RR generasi terbaru setidaknya harus mencapai tenaga sebesar 200 tenaga kuda yang merupakan di kelasnya sekarang. Tak cukup sampai di situ, model CBR1000RR yang baru juga harus memiliki piranti elektronik yang canggih dan mudah diatur ulang, serta mengusung yang benar-benar baru.

Motor itu sendiri kabarnya kelak akan mengusung nama RVF1000, yakni nama motor yang dulu sempat diproduksi Honda sebelum akhirnya diputuskan untuk ‘suntik mati’. Namun sayang hingga kini masih belum ada kejelasan mengenai kapan motor tersebut akan diluncurkan ke pasaran. Kita tunggu saja!

   
Penulis: