Husqvarna 701 Enduro LR Terbaru Tangguh Buat Jarak Jauh, Kapasitas Tangkinya 25 Liter

Mattighofen – Produsen ternama asal Austria, merilis motor petualang terbaru, Husqvarna 701 Enduro LR. Motor dual purpose long range (LR) ini dibuat dari basis 701 Enduro namun didesain dengan beberapa sentuhan yang berbeda, misalnya saja tangki bahan bakar yang mencapai 25 liter. Tangki ganda berkapasitas besar ini diklaim dapat membuat perjalanan jarak jauh terasa lebih aman.

Husqvarna 701 Enduro LR – adventuriderz.com

Motor Husqvarna 701 Enduro LR dirancang dengan fleksibilitas yang digadang-gadang dapat menaklukkan medan off-road maupun jalanan perkotaan dengan nyaman. Apalagi dengan tangki bahan bakar yang besar membuatnya diklaim dapat diajak berkendara hingga jarak 482 km.

Tangki bahan bakar ganda yang masing-masing berkapasitas 13 liter dan 12 liter itu dirancang dengan konstruksi single piece dan terbuat dari material poliamida berkekuatan tinggi, sehingga tahan terhadap benturan. Tak cukup sampai di situ, Husqvarna pun menyematkan silinder tunggal dengan terbaru dalam dan elektronik serta camshaft overhead tunggal. Dengan tersebut, Husqvarna 701 Enduro LR disebut mampu memuntahkan daya maksimum hingga 74 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi 71 Nm pada 6.750 rpm.

Supaya motor dapat menyalurkan tenaga yang lebih halus, Husqvarna menyisipkan teknologi ride by wire. “Pihak pabrikan asal Austria ini juga membenamkan Slipper clutch agar perpindahan gigi semakin mulus. Selain itu juga dilengkapi mode berkendara dan lean-angle sensitive traction control,” demikian seperti dilansir Otospirit.

Motor keren ini mempunyai 2 mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan mudah. Mode 1 akan memberi respons throttle sporty berupa dapat menikung kontrol traksi dengan sensitif dengan cara mengurangi selip roda, sedangkan mode 2 dapat memberi respons throttle yang mulus dengan kontrol traksi off-road, sehingga memungkinkan pengendara menggunakan 701 Enduro LR di jalanan yang berliku tanpa membatasi kinerja mesin.

Husqvarna 701 Enduro LR 2020 pun dilengkapi IMU controlled traction yang menunjang cornering ABS dari Bosch. Di sektor pengereman, Husqvarna menggunakan rem Brembo 2 piston pada roda depan. Sementara itu suspensinya menggunakan WP dan XPLOR fork. Motor Husqvarna 701 Enduro LR 2020 telah tersedia di dealer-dealer Eropa dengan jual sekitar Rp199,5 juta.

   
Penulis: