Saingi Migo, Vrent Hadirkan Rental Motor Listrik Legal di Jakarta

 93 views

Jakarta – Tren kini sudah semakin berkembang. Tak hanya di luar negeri saja, Indonesia pun mulai memasuki era elektrik. Jika sebelumnya sempat populer sewa di Jakarta dan Surabaya yang bernama Migo, maka kini muncul startup serupa yang tak kalah bersaing, yakni Vrent.

Vrent Motor – www.tribunnews.com

Seperti diketahui, hingga kini Migo memang masih menjadi kontroversi karena legalitasnya masih dipertanyakan oleh pihak berwenang. Nah, Vrent memanfaatkan celah tersebut dan hadir sebagai listrik yang bisa disewa dan statusnya pun sudah legal. berbasis IoT (Internet Of Things) menggandeng Viar untuk menyediakan unit Viar Q1 yang merupakan motor listrik legal pertama di Indonesia.

Vrent menawarkan motor listrik Viar Q1 yang sudah dilengkapi surat-surat laik jalan, sehingga relatif aman dipakai di jalan raya. Viar Q1 disewakan lewat aplikasi Gowes buatan PT Surya Teknologi Perkasa (STP). Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google PlayStore. Sayangnya, untuk sementara ini layanan tersebut baru tersedia untuk masyarakat di Jakarta.

“Kami harapkan dengan hadirnya aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencoba merasakan motor listrik sekaligus menjadi jawaban atas masalah kemacetan di Ibukota,” jelas Joshua, Chief Technology Officer Vrent, seperti dilansir Liputan6.

“Fokus kami yang terpenting, bagaimana agar masyarakat dapat mulai beralih menggunakan kendaraan listrik untuk mengurangi polusi yang ada di Jakarta. Kami harapkan dengan hadirnya aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencoba merasakan motor listrik sekaligus menjadi jawaban atas masalah kemacetan di Ibukota,” sambung Joshua.

Adapun untuk biaya sewa, Vrent menerapkan Rp 2.500 per 15 menit dan Rp 50 ribu untuk harian. Khusus untuk rental harian, unit Q1 yang disewa juga akan dilengkapi charger. Dengan demikian, pihak penyewa bisa melakukan pengisian daya secara mandiri di lokasinya berada. Hampir sama seperti Migo, calon penyewa dapat mengunjungi Vrent Station terdekat (lokasi bisa diketahui lewat peta aplikasi), lalu petugas nantinya akan membantu scan QR code pada unit yang hendak disewa.

“Saat ini sudah tersedia sekitar 20 mitra station yang tersebar di beberapa titik di Jakarta dan akan kami perluas sesuai dengan target kami sebanyak 180 mitra hingga akhir tahun 2019. Kami juga membuka peluang bagi masyarakat yang ingin bekerjasama menjadi mitra Station Vrent. Cukup mengunjungi website kami di Vrent.id dan ikuti panduan selanjutnya,” pungkasnya.

   
Penulis: