Dihapus dari Web, Motor Honda CB300R Discontinue?

 58 views

New Delhi menyetop penjualan Honda CB300R di India. Walau masih belum diumumkan secara resmi, di website resmi produsen asal Jepang itu sudah tidak lagi memajang sosok yang memiliki lampu berbentuk bulat tersebut. Bahkan pihak Honda juga tidak mengumumkan adanya BS6 atau tidak yang bakal diproduksi.

Honda CB300R – motoworldracing.com

sepeda motor yang dirilis pada Februari 2019 lalu ini dipasarkan dengan Rs2,41 lakh atau sekitar Rp46,4 juta di pasaran Negeri Hindustan. Ada banyak fitur canggih yang disematkan, di antaranya lampu berteknologi LED, garpu depan terbalik atau upside down, dan pengereman anti-lock braking system (ABS) dua kanal.

“Pabrikan berlambang sayap mengepak itu menjual CB300R dengan rute CKD dan cukup sukses di awal kemunculannya. Bahkan, Honda sempat menyatakan tak memiliki stok di tahun 2019 hanya dalam dua bulan,” demikian seperti dilansir Motorbeam melalui Liputan6.

Setidaknya terdapat lebih dari 550 unit Honda CB300R yang didistribusikan pada pelanggan lewat dealer resmi Wing World Honda. Lantaran permintaan pasar cukup tinggi, Honda India pun sempat mempertimbangkan untuk meluncurkan sepeda motor neo café terbaru di India.

Walaupun sudah discontinue, Honda CB300R diharapkan akan mendapat pembaruan dan muncul lagi dengan sejumlah perubahan pada sektor mesin. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi peraturan standar emisi BS6 yang kini sudah diberlakukan di India.

Untuk diketahui, Honda CB300R di India menggunakan mesin berkapasitas 286 cc, silinder tunggal, dan berpendingin cairan. Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga mencapai 31,4 Tk pada 8.500 rpm dan torsi puncak 27,5 Nm pada 7.500 rpm karena dipadukan dengan gearbox 6 percepatan.

Belum lama ini Honda juga sudah resmi merilis motor untuk kelas entry level, yakni Honda Livo di Indonesia. Honda Livo hadir dalam 2 dan 4 pilihan menarik, yakni athletic blue metallic, matte axis grey metallic, imperial red metallic, dan black. Jika dilihat dari tampilannya, motor tersebut memperoleh visor depan baru, tangki bahan bakar dengan grafis baru, cluster instrumen analog digital baru, dan headlamp yang disebut-sebut lebih cerah, serta saklar start/stop engine.

   
Penulis: