Sasar Entry Level, Husqvarna Siapkan Motor Bermesin Kecil Svartpilen 200

Mumbai – Pabrikan sepeda ternama asal Swedia, meluncurkan sepeda terbaru Svartpilen 200 untuk India. keren tersebut sengaja dihadirkan untuk menyasar segmen entry level atau pemula. Menurut informasi yang beredar, teranyar dari Husqvarna ini mengusung basis KTM Duke 200.

Husqvarna Svartpilen 200 – yourstory.com

“Svartpilen 200cc terlihat mirip dengan Svartpilen 401. Satu-satunya perbedaan secara visual terdapat pada pelek yang disematkan dan knalpot bagian bawah,” demikian seperti dilansir Motorbeam melalui Liputan6.

Motor yang mengusung gaya scrambler tersebut memang sengaja dihadirkan oleh Husqvarna untuk mengisi lini dengan terjangkau sekaligus menjadi motor dengan kapasitas paling kecil besutannya. Sepintas tampilan Husqvarna Svartpilen 200 memang terlihat begitu menarik, dengan kerangka baja dan rem yang sama dengan Duke 200. Adapun untuk cakram depan menggunakan 300 mm dan bagian belakang berukuran 230 mm.

Svartpilen 200 pun terhubung dengan kaliper Bybre serta diharapkan dilengkapi fitur dual channel ABS. Fitur suspensi tersebut masih sama seperti terdahulunya yang memiliki kapasitas lebih besar. Rangkaian mesin satu silinder berkubikasi 200 cc dan berpendingin cairan tersebut diklaim dapat memuntahkan tenaga hingga 26 Hp dan mempunyai torsi sebesar 19,5 Nm. Tenaga tersebut disalurkan lewat sistem transmisi manual 6 percepatan.

Selain memakai ban MRF, pengaturan suspensi termasuk garpu depan terbalik (upside down) 43 mm dan monoshock di belakang dengan preload yang dapat diatur sesuai keinginan para pengguna. Komponen lainnya yang mirip seperti Svartpilen edisi lebih besar adalah dari segi lampu yang sudah berteknologi LED, pelek, hingga panel bodi utama. Perbedaan utamanya ada di bagian knalpot lantaran Svartpilen 200 menggunakan underslung.

Seperti diketahui, produksi motor Svartpilen di India juga masih akan memakai fasilitas kerja sama KTM dan Bajaj. Motor itu kabarnya akan mulai diproduksi pada awal tahun 2020 depan. Svartpilen 200 diperkirakan bakal dipasarkan dengan harga 172 ribu rupee atau sekitar Rp34 juta hingga 175 ribu rupee (Rp35 juta). Harga banderol tersebut kabarnya lebih mahal dari KTM Duke yang juga bakal memproduksi motor bermesin kecil.

   
Penulis: