Rilis Akhir Tahun, Honda Scoopy Terbaru Bakal Pakai Rangka eSAF?

 285 views

Jakarta – Selain di Indonesia, skuter matic bergaya retro Honda Scoopy juga dipasarkan di negara Thailand. Baik Honda Scoopy di Indonesia maupun Thailand sebenarnya tak ada perbedaan yang terlalu signifikan dari segi spesifikasi. Beda yang mendasar hanya pada pilihan dan pelek jari-jari dengan ukuran diameter 14 inci untuk Honda Scoopy versi Thailand. Sedangkan spek ini secara umum sama.

Honda Scoopy versi thailand – gridoto.com

Nah, kabar gembiranya, menurut kabar dari media Thailand Great Biker, Honda akan segera merilis Scoopy edisi teranyar pada akhir tahun 2020 mendatang. Sayangnya masih belum ada bocoran foto penampakan terkait Honda Scoopy baru tersebut. Setidaknya ada sejumlah info menarik yang bisa menggambarkan seperti apa sosok generasi Honda Scoopy yang bakal meluncur akhir tahun ini.

Baca juga:   Saingi NMAX, Honda Bakal Produksi Motor PCX Versi Lokal

“Garis-garis bulat khas Scoopy tentu akan masih dipertahankan. Akan tetapi ada detil yang diperbarui di beberapa titik, mulai dari lampu depan dan bagian belakang,” demikian seperti dilansir dari Detik.

Hal menarik lainnya, Honda kabarnya akan menggunakan baru eSAF pada Scoopy anyar. tersebut pertama kali dipakai Honda Genio produksi Indonesia. eSAF dirancang lebih ringan, sehingga diprediksi Honda Scoopy kelak akan berbobot lebih ringan sekitar 8% dari bobotnya sekarang. Di samping itu, eSAF pun diklaim menawarkan kendali motor yang lebih mudah.

Baca juga:   Suzuki Burgman Street 125 Meluncur di India, Harga Cuma Rp 14 Jutaan

Untuk sektor jantung pacu diperkirakan masih sama, mengusung mesin berkapasitas 108 cc satu silinder 4 tak berpendingin udara yang ditunjang dengan teknologi sistem injeksi PGM-Fi yang diklaim mampu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Honda Scoopy setidaknya mampu menempuh hingga 61,9 kilometer (km) untuk setiap konsumsi 1 liter bahan bakar. Angka tersebut tidak jauh berbeda dengan Scoopy sekarang.

Baca juga:   Honda CB500 Series Model 2021 Dapat Sejumlah Penyegaran, Intip Perubahannya

Honda Scoopy generasi terbaru kabarnya akan dilakukan oleh Honda sendiri, atau jika tak ada aral melintang, kemungkinan dirilis lewat ajang Motor Expo 2020 pada bulan November 2020. Di Indonesia, Honda Scoopy generasi sekarang sudah ada di jalur produksi dan dipasarkan dari tahun 2017. Ada 2 pilihan yang ditawarkan, yakni Scoopy Stylish dengan harga Rp19.750.000 dan Scoopy seharga Rp19.750.000.

   
Penulis: