Vespa Luncurkan Varian Sprint & Primavera Terbaru Kapasitas 50cc

Jakarta belum lama ini merilis matic terbaru untuk pasar Amerika Serikat. Uniknya, skutik Vespa teranyar untuk AS itu hanya dibekali yang kecil, yakni 50 cc saja. Adapun 50 cc satu silinder tersebut mampu menghasilkan kecepatan maksimal 30 mph atau 48 km per jam dan dihadirkan dalam Sprint dan Primavera.

Vespa Sprint 50cc – www.oto.com

Meski demikian, Vespa ‘kecil’ ini masih mempertahankan ciri khas gaya retro dari Vespa selama ini namun dimensinya saja yang lebih pendek. Skutik keren ini mempunyai dimensi lebar 735 mm, panjang 1.330 mm, wheelbase 1.870 mm, dan ketinggian jok 790 mm. Apabila dibandingkan dengan standar, ukurannya lebih pendek 10 mm.

Lalu untuk tangkinya memiliki kapasitas 8 liter dan diklaim memiliki angka efisiensi bahan bakar hingga 34,3 km per liter. Itu artinya, skutik kapasitas kecil Vespa ini dapat menempuh sekitar 275 km dalam kondisi tangki bahan bakar terisi penuh.

Adapun untuk desain tampilan pada Primavera menggunakan lampu berbentuk bundar di bagian depan, sedangkan Sprint lampunya berbentuk persegi panjang. Ada pula aksen krom di bagian fender depan motor Primavera, sedangkan di Sprint tidak ada. velg di kedua motor itu juga berbeda. Tetapi bagian panel bodi motor tampak mirip antara satu dengan lainnya. Hiasan krom pun ada di bagian headlight mask, pembatas apron pada motor, rumah kaca spion, dan pelindung knalpot.

Vespa Primavera 50cc hadir dalam 5 pilihan warna, yaitu Bianco Innocenza, Nero Vulcano, Rosso Passione, Blu Energia, dan Verde Relax. Sedangkan untuk Sprint hanya tampil dengan 4 warna, antara lain Bianco Innocenza, Nero Vulcano, Rosso Passione dan Giallo Estate. Di Amerika sana, Vespa 50 cc ini dijual dengan yang cukup mahal, yakni mulai USD4.000 atau Rp56 juta untuk Primavera, sedangkan Sprint lebih mahal, yaitu USD4.099 atau Rp57 juta.

Bagi penggemar di Indonesia yang tertarik dengan motor itu tampaknya hanya bisa gigit jari. Pasalnya motor Vespa 50 cc itu belum tentu akan diluncurkan juga di Indonesia. “Bisa, tapi kami masih kurang yakin. Banyak pertimbangan untuk memasukkan Vespa 50 cc ke Indonesia. Kami di sini menyediakan line-up skuter yang sudah sesuai untuk masyarakat Tanah Air. Karena karakter pengendara tiap negara itu berbeda. Di sini (Indonesia) kami berikan dari 125 cc sampai 300 cc,” ujar President Director PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega.

   
Penulis: