Siap-Siap, Tahun Depan Motor Royal Enfield Bermesin 2 Silinder 650cc Bakal Masuk Indonesia!

California meluncurkan sepeda dengan 2 silinder modern pertamanya pada 26 September 2018 lalu di California, Amerika Serikat, yakni Royal Enfield Interceptor 650 dan Continental GT 650 Twin. Meski dirilis di AS sana, rupanya kedua motor bertenaga dan gahar itu bakal diboyong Royal Enfield ke Indonesia setidaknya tahun 2019 mendatang.

Royal Enfield 650cc – www.bikedekho.com

Kedua motor anyar Royal Enfield ini dibekali mesin parallel twin terbaru dengan 648 cc. Mesin tersebut bahkan disebut-sebut mesin terkuat yang pernah dimiliki oleh Royal Enfield. Baik Royal Enfield Interceptor 650 maupun Continental GT 650 Twin dibekali mesin yang sama dengan pendingin udara, SOHC, , yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 47 hp pada 7.100 rpm dengan torsi puncak 52 Nm pada 6.000 rpm.

klasik khas Continental GT dan Interceptor tetap dipertahankan. Continental GT hadir dengan gaya British cafe racer, sementara Interceptor terkesan seperti motor klasik untuk santai,” demikian seperti dilansir Detik.

Mesin yang diusung oleh Royal Enfield Interceptor 650 maupun Continental GT 650 Twin dikawinkan dengan gearbox 6 percepatan dan slip assist clutch. Mesin tersebut sudah dirancang sedemikian rupa supaya dapat mengeluarkan 80 persen torsinya (lebih dari 40 Nm) ketika berada pada putaran mesin 2.500 rpm. Pihak Royal Enfield pun mengklaim jika konsumsi bahan bakar dan Interceptor dan Continental hanya 25,5 km per liter berdasarkan pengujian dari World Motorcycle Test Cycle.

Ketika diujicoba, suara mesin 2 silinder 650 cc ada kedua motor ini kabarnya lebih garing daripada mesin generasi terdahulu. Walaupun sudah menggunakan mesin dua silinder, motor Royal Enfield Interceptor 650 dan Continental GT 650 Twin dinilai masih mudah dikendalikan. Tenaga motor ini disalurkan pada putaran rendah dengan sangat mulus tanpa adanya getaran yang berarti.

Royal Enfield Interceptor 650 maupun Continental GT 650 Twin sendiri akan dipasarkan secara luas di Asia Tenggara dan Amerika Latin. Kehadiran kedua motor ini diharapkan bisa memperoleh respons positif di hati para penggemar .

   
Penulis: