Skuter Klasik Schwalbe Lahir Kembali, Kini Usung Tenaga Listrik

 477 views

Sepeda-.info – Anda mungkin belum begitu familiar dengan merek Schwalbe (Swallow). Schwalbe merupakan klasik asal Jerman yang pernah melanglang-buana pada era tahun 1960-an hingga 1980-an dan seangkatan dengan produk buatan Kriedles, Lambretta, atau Vespa. Kini, setelah sekitar 50 tahun sejak diperkenalkan, iconic tersebut seolah “bangkit” kembali dengan mengusung motor listrik yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Schwalbe – www.treehugger.com

Schwalbe dilahirkan kembali oleh GOVECS, produsen kendaraan listrik asal Jerman. yang menjalin kemitraan dengan Bosch ini dikabarkan telah membeli lisensi Schwalbe untuk memasarkan skuter klasik tersebut. Dengan bodi ringan dan motor listrik yang mumpuni, skuter yang bisa diartikan sebagai burung-burung layang itu dikatakan mampu melesat dengan maksimal 45 km per jam dan memiliki jarak tempuh 64 km.

Untuk mengisi baterai yang kosong, pengguna memerlukan waktu 4,5 jam. Namun, daya baterai dapat terisi sebanyak 50 persen jika waktu charging dilakukan selama satu jam. Jadi, pengguna hanya perlu mengisi baterai sekali dalam seminggu jika skuter digunakan untuk pemakaian ringan. Sementara, jika pemilik memilih menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar, maka jarak tempuh skuter dapat mencapai 96 km.

Skuter Schwalbe sendiri termasuk dalam kategori L1E (mirip dengan skuter gas sub-50cc) yang profil dan garis tubuhnya masih mengandalkan Schwalbe yang asli, dan mencakup area muatan belakang yang sama. Namun, perusahaan menambahkan LCD, lampu LED, rem modern, dan drivetrain listrik berteknologi tinggi, serta onboard charger dan kabel 1200 W.

Di samping itu, GOVECS menambahkan tiga mode berkendara pada Schwalbe listrik, yaitu Go, Cruise, dan Boost. Ketiga pilihan ini dapat disesuaikan dengan preferensi si pengendara ketika menggunakan skuter listrik tersebut. “ penggerak yang optimal, didukung dengan dual-step belt drive, sehingga dapat menghasilkan torsi yang sangat baik ketika melaju,” jelas CEO GOVECS, Thomas Grubel.

Jika berminat membeli skuter keren ini, perusahaan menawarkannya dengan harga mulai USD 6.263 atau setara Rp83 jutaan, dan tersedia dalam lima . Di samping itu, juga dapat memilih dua pilihan konfigurasi baterai dan tiga pilihan warna jok. Sayangnya, skuter listrik Schwalbe untuk saat ini hanya tersedia di Eropa.

   
Penulis: