Honda & Yamaha Kerjasama Bikin Motor e-Vino Bertenaga Listrik

 78 views

Saitama – Dua pabrikan besar asal Jepang, Honda dan Yamaha bekerjasama memproduksi (EV/Electric Vehicle). Keduanya menjadikan Kota Saitama sebagai basis pengujian penyewaan . Proyek kolaborasi Honda dan Yamaha ini dilakukan untuk menyediakan 30 kecil di jalan raya dengan stasiun pengisian dan swap baterai yang telah tersedia.

Honda & Yamaha Kerjasama Bikin Motor e-Vino – otomotif.metrotvnews.com

Selain dapat membantu Kota Saitama melancarkan program menurunkan emisi karbon, langkah ini juga dapat membantu Honda dan Yamaha meningkatkan program sepeda motor listrik besutan mereka. motor yang digunakan dalam program ini adalah Yamaha E-Vino sejumlah 30 unit. Program tersebut telah dibuka sejak (21/7) lalu dan evaluasinya dilakukan September 2017.

Proyek kolaborasi produksi motor listrik ini adalah program perdana yang memadukan visi pemerintah daerah dengan 2 produsen sepeda motor sekaligus. Melalui rilis resminya pada Senin (24/7) lalu, Honda dan Yamaha bercita-cita mewujudkan gaya hidup masyarakat yang lebih memuaskan dengan merasakan kegembiraan dalam perjalanan menggunakan sepeda motor listrik yang ramah lingkungan dan memperkenalkan motor listrik lebih luas di pasar otomotif roda dua.

bertransmisi otomatis itu sendiri memang berbeda dari Vino berbahan bakar bensin yang selama ini beredar di . Sayangnya meski telah mengembangkan sepeda motor listrik, Yamaha masih belum bersedia memasarkan e-Vino secara luas lantaran masih berencana melakukan pengembangan dan penyempurnaan pada motor Yamaha e-Vino.

Di sisi lain, Honda yang juga terlibat dalam proyek tersebut berencana untuk memproduksi motor Super Cub bertenaga listrik dan menggunakan transmisi matic. Konsep dari Honda Super Cub listrik tersebut sempat diperlihatkan Honda dalam ajang Indonesia Motor Show akhir tahun lalu.

Jalinan kemitraan dengan pemerintah daerah Saitama yang berada di sebelah utara Tokyo ini telah membuat Honda dan Yamaha dapat memiliki akses lebih untuk menguji dan membangun infrastruktur yang mendukung kendaraan berbasis listrik serta menyelenggarakan riding program untuk mengembangkan proyek electric vehicle mereka. Nantinya Honda dan Yamaha berencana untuk melakukan produksi massal motor listrik yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

   
Penulis: