Harga Rp21 Jutaan, Skuter Listrik TVS iQube Resmi Mengaspal

Sepeda-.info – Pabrikan asal India, , ternyata latah untuk turut bermain di segmen sepeda . Perusahaan tersebut baru saja meluncurkan elektrik mereka, iQube, untuk pasaran Negeri Sungai Gangga. Dijual dengan harga Rs 1,15 lakh atau setara Rp21 jutaan, motor ini sudah mulai dipasarkan pada awal pekan ini.

Skuter Listrik TVS iQube – www.otospirit.com

Skuter listrik pertama dari TVS ini disebut-sebut sebagai hasil studi perusahaan selama dua tahun. Kepada awak media lokal, iQube rencananya akan diproduksi sebanyak 1.000 unit setiap bulannya. Motor ini sendiri seluruh komponennya dirancang di India, baik dari sisi teknologi, software, , hingga programnya.

Di bagian dapur pacu, iQube digerakkan oleh motor listrik berdaya 4,4 kW dan diklaim mampu meraih kecepatan tertinggi 78 km per jam. Skuter listrik ini dikatakan dapat menempuh jarak sejauh 75 km dengan muatan baterai penuh. Sementara, catatan waktu untuk menghasilkan akselerasi 0 hingga 40 km per jam adalah 4,2 detik.

Secara tampilan, TVS iQube sebenarnya cukup sederhana dan hadir dengan menargetkan pembeli dari segala usia. Saat ini, skuter listrik tersebut hanya tersedia dalam putih dengan menggunakan velg 12 inci. utama dan belakang telah menggunakan teknologi LED. Skuter ini juga memiliki DRL LED berbentuk U yang unik di bagian depan, bersama dengan logo ‘electric’.

Meski demikian, iQube sudah dibekali dengan dua mode berkendara, yakni irit dan power, dan dilengkapi dengan pengereman re-generatif. Ada juga platform SmartXonnect TVS generasi terbaru yang mencakup instrumen TFT dan aplikasi TVS iQube. Keduanya secara bersamaan memungkinkan pengguna untuk mengakses -fitur seperti geo-fencing, status pengisian daya baterai jarak jauh, bantuan navigasi, lokasi terakhir, dan peringatan panggilan masuk/SMS.

Sebelum TVS, pabrikan India lainnya, , sudah resmi merilis skuter listrik Chetak pada Oktober 2019 kemarin. Motor elektrik ini hadir dalam dua varian, yakni Urbane dan Premium, serta dijual dengan harga mulai Rs 1 lakh atau sekitar Rp19 jutaan hingga Rp22 jutaan. Kabarnya, Chetak sudah dijual ke pasaran sejak pertengahan Januari 2020 kemarin.

   
Penulis: