Spesifikasi Aprilia Atlantic 300, Skuter Mewah dan Comfortable

 1455 views

Sejak dekade 2000-an, pasar matik di Tanah Air memang berkembang sangat pesat. Banyak yang kemudian ramai-ramai meluncurkan kendaraan roda dua mereka ke Indonesia, misalnya saja yang dilakukan pabrikan asal Jepang, seperti Honda, Yamaha, dan . Namun, tidak hanya pabrikan Negeri Sakura saja yang bersaing di segmen otomatis, perusahaan yang berasal dari Italia juga ikut berkompetisi dengan meluncurkan model Atlantic 300.

Aprilia Atlantic 300 – onlymotorbikes.com

Aprilia Atlantic 300 pertama kali menyapa publik Indonesia pada tahun 2012 lalu lewat PT Sentra Kreasi Niaga (SKN). Jika dibandingkan dengan skuter otomatis yang lebih dulu beredar, Atlantic 300 tampil dengan desain yang sangat mewah dan elegan. Maklum saja, Aprilia sendiri memang telah dikenal sebagai perusahaan penghasil motor-motor kelas atas.

Secara tampilan, skuter ini memiliki desain yang tidak terlalu kaku, mulai bodi depan hingga belakang. Meski buntutnya cenderung lebar, namun masih enak dipandang. Sementara, di bagian tengah di bawah jok, terdapat bagasi dengan volume cukup luas, cukup untuk menampung dua helm open face. Di dalam bagasi ini juga terdapat lampu yang memudahkan pengendara memasukkan barang di malam hari, selain dilengkapi dengan charge untuk telepon seluler atau perangkat elektronik lainnya.

Ketika dikendarai, perasaan nyaman langsung terasa berkat jok dengan bahan yang tebal sehingga bisa bikin betah berkendara. Riding position skuter ini juga pas, dengan setang yang tidak terlalu tinggi, tetapi posisi jok yang panjang sehingga kaki bisa selonjoran. Selain itu, pinggang juga kecil mengalami pegal karena jok model berundak bisa digunakan untuk sandaran.

Kenyamanan skuter ini juga tampak pada dek pijakan kaku yang lebar sehingga kaki bisa menapak dengan lebih mantap. Selain itu, windshield dengan ukuran lebar yang terpasang di depan sukses menahan terpaan angin selama berkendara. Visibilitas kaca spion juga lebih dari cukup untuk menghasilkan pandangan lebih luas ke belakang.

Di bagian jantung pacu, Aprilia Atlantic 300 menggendong tipe 4-stroke, SOHC, single cylinder, 4 valve, liquid-cooled, berkapasitas 278,3cc. Dengan bekal tersebut, skuter ini mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 16,4 kW atau 22 HP pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak menyentuh angka 23,8 Nm pada putaran 5.750 rpm.

Ketika pertama kali diperkenalkan, Aprilia menghadirkan Atlantic 300 dalam pilihan putih, hitam, dan abu-abu. Di Indonesia, skuter ini kala itu ditawarkan dengan mulai Rp110 juta. Berikut teknis Aprilia Atlantic 300.

Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, single cylinder, 4 valve, liquid-cooled
Kapasitas Mesin 278,3cc
Diameter x Langkah 75 x 63 mm
Daya Maksimum 16,4 kW @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 23,8 Nm @ 5.750 rpm
Transmisi Automatic CVT
Starter Electric
Rangka Steel Tubes twin cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Hydraulic shock absorber
Rem Depan Single disc 240 mm, 3-piston
Rem Belakang Single disc 190 mm, 2-piston
Ban Depan 110/90-13
Ban Belakang 130/70-13
Panjang x Lebar 2.085 x 785 mm
Jarak Sumbu Roda 1.480 mm
Tinggi Jok 790 mm
Berat Kosong 160 kg
Kapasitas Bahan Bakar 9,5 L
   
Penulis: