Ural CT, Motor Sespan Modern untuk Daily Riding

 1185 views

Anda yang menggemari -motor klasik pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Ural. Brand asal Rusia yang sudah berkecimpung di industri roda dua sejak Perang Dunia II tersebut mencoba peruntungan di pasar Indonesia ketika mengikuti pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show tahun 2016 lalu yang bertempat di BSD City.

Ural CT – www.revzilla.com

 

Meski harus bersaing dengan merek-merek besar lain yang lebih dulu mengaspal di Indonesia, Ural tampaknya tidak gentar dan tidak ada target mulus selain memberikan brand awareness kepada publik Tanah Air atas kehadirannya. Kala itu, pabrikan ini langsung memboyong empat motor sekaligus ke pasar Tanah Air melalui PT Hobby Motor Indonesia, salah satunya Ural cT.

Berbeda dengan tiga model lainnya, Ural cT merupakan motor dengan desain klasik tetapi sudah mendapat sentuhan modern yang ditujukan untuk kebutuhan transportasi sehari-hari (daily riding). Keistimewaan motor ini adalah karena seluruh bodi hingga jari-jari roda terbuat dari bahan baja. Di samping itu, jika pengendara ingin lebih ringkas dan praktis, maka fitur sespan pada Ural cT (dan juga model-model yang lain) bisa dilepas.

Menurut situs resmi perusahaan, Ural cT digambarkan sebagai motor sespan yang lebih rendah dan lebih ringan dibandingkan model sebelumnya, menciptakan kuda besi yang lebih mudah ditangani dalam berbagai kondisi. Motor ini dirancang untuk membawa pengendara agar lebih mudah menciptakan liburan akhir pekan yang mengesankan, atau berpetualang di setiap harinya.

Di bagian jantung pacu, Ural cT menggendong 4-stroke, OHV, air-cooled, 2 silinder, berkapasitas 749cc. Dengan bekal tersebut, motor ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal 41 HP pada putaran 5.500 rpm dan torsi puncak menembus angka 42 ft-lb pada putaran 4.300 rpm melalui sistem transmisi manual 4 percepatan forward.

Saat ini, pabrikan Rusia menghadirkan Ural cT dalam dua , yaitu Terracota (merah) dan Gloss Grey (abu-abu). Di pasar global, satu unit motor keren tersebut ditawarkan dengan USD 12.999. Sementara, untuk konsumen di Indonesia, perlu merogoh kocek mulai Rp345 juta jika ingin meminang motor ini. Berikut spesifikasi teknis Ural cT.

Mesin 749cc
Tipe Mesin OHV, air-cooled, 2 silinder, 4-stroke
Katup per silinder 2
Diameter x Langkah 78 x 78 mm
Daya Maksimum 41 HP @ 5.500 rpm
Torsi Maksimum 42 ft-lb @ 4.300 rpm
Sistem Bahan Bakar Throttle Body EFI
Starter Electric & Kick
Transmisi Manual
Speed 4 Forward, 1 Reverse
Panjang 91,6 inch
Tinggi 53,8 inch
Lebar 63,6 inch
Tinggi Jok 31 inch
Jarak ke Tanah 6,5 inch
Berat 700 lbs
Suspensi Depan IMZ Leading Link Fork
Suspensi Belakang Double-sided swing arm
Ban Heidenau, 4,0 x 18”
Rem Depan Disc, 4-piston
Rem Belakang Disc, single-piston
   
Penulis: