Spesifikasi Kawasaki ER-6n Milik Ustad Uje

 2441 views

Almarhum Ustad Jefry Al Buchori memang dikenal sebagai penyuka ( gede). Namun siapa sangka, ustad yang akrab disapa Uje itu malah harus meninggalkan dunia selama-lamanya akibat kecelakaan waktu menunggangi -nya.

Dalam kecelakaan yang terjadi pada Jumat, 26 April 2013 silam, motor gede yang dikendarainya menabrak pohon palem di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Saat itu, Uje menggunakan moge ER-6n berwarna hijau.

Kawasaki ER-6n merupakan motor yang masuk pasaran Indonesia pada akhir 2011 lalu. Moge yang biasa disebut Kawasaki E659 ini memiliki nilai jual yang cukup mahal, yaitu di kisaran Rp102 juta.

Di balik harganya yang selangit, motor ini memang dilengkapi dengan mumpuni. Sebut saja isi silinder mesin yang mencapai 650 cc. Mesin empat langkah tersebut mampu menyemburkan tenaga mencapai 53kW (72.1 PS) pada putaran 8.500 per menit. Adapun torsi maksimum sebesar 64 Nm (6.5 kgf.m)/7.000 rpm.

Sistem bahan bakar motor ini juga sudah mengadopsi teknologi . Motor dengan bobot mencapai 204 kg ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman disc brake di kedua rodanya untuk pengamanan.

Sementara untuk rangkanya, Kawasaki ER-6n menggunakan sistem rangka All-new double-pipe perimeter-style. Rangka yang terbuat dari high-tensile steel ini sudah menjadi identitas tersendiri bagi jenis ER-6n agar memiliki bobot yang lebih ringan.

Kawasali ER-6n juga terkesan gagah dan macho berkat tangki bahan bakar yang besar dan lebih tinggi 20 mm dari sebelumnya. Tangki yang berbentuk sangat ergonomis ini sanggup menampung 16 liter bahan bakar.

Fitur menarik lainnya adalah posisi air intake duck untuk pasokan udara ke mesin. Posisinya berada di celah antara rangka bentuk double-pipe. Dengan demikian, bentuk motor terlihat semakin padat dan mampu memberikan pasokan udara segar pada mesin.

Perbedaan paling mencolok Kawasaki ER-6n dengan motor sport model naked adalah pada sistem suspensi belakangnya. Jika motor naked biasa menggunakan konsep single suspensi belakang berada tepat di tengah, Kawasaki malah membuat konsep suspensi belakang berada di samping kanan dan lebih merunduk.

“Kawasaki ER6n didesain bagi para pencinta moge, dengan power, akselarasi, balance, riding position yang nyaman, bobot kendaraan yang ringan dan body fighter aerodinamis. Nikmati sensasi touring moge bersama dengan ER6n.” Demikian bunyi tagline motor ini.

   
Penulis: