Suzuki Bakal Hadirkan Motor Sport 250 cc, Bagaimana dengan Indonesia?

Jakarta – Pasar kelas 250 cc memang cukup moncer. Oleh sebab itu pabrikan asal Jepang, berencana untuk memperkenalkan motor GSX-R250 dalam ajang Auto Expo 2018 di India. Motor ini kabarnya bakal memakai 2 silinder paralel layaknya sang kompetitor, YZF-R25 dan Ninja 250.

Suzuki GSX R250 – www.oto.com

Mesin yang diusung oleh Suzuki GSX-R250 disebut-sebut mampu menyemburkan tenaga 25 dk dan torsi 23 Nm. Tenaga tersebut bisa dibilang rendah jika dibandingkan dengan para kompetitor yang mampu menghasilkan tenaga di atas 30 daya kuda. Kemudian untuk , Suzuki GSX-R250 kabarnya akan memakai 6 percepatan dengan ABS dan speedometer full digital.

Sayangnya, meski pasar motor mesin 250 cc juga cukup cerah di Indonesia. Namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tampaknya masih belum berencana untuk turut bersaing di pasar yang sama dengan 3 kompetitornya, yakni Kawasaki, , dan Yamaha dalam waktu dekat. Hingga kini Suzuki masih fokus bermain di segmen motor sport 150 cc lewat -produk seperti GSX-150 Series dan Satria FU.

Meski demikian, Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku jika pihaknya tak akan tinggal diam dan ke depannya juga akan meluncurkan produk di kelas 250 cc. “Tetapi tidak dalam waktu dekat ini. Harus diakui pasarnya berkembang, tetapi sekarang ini belum besar menurut saya,” ujar Yohan, Rabu (17/1), seperti dilansir Kompas.

Dari segi ketersediaan produk, sebenarnya motor sport Suzuki 250 cc di global telah tersedia dan motor itu bisa saja langsung diboyong untuk dipasarkan di Indonesia. Akan tetapi menurut Yohan prosesnya tak bisa semudah itu lantaran Suzuki harus melakukan studi dan berbagai prosedur lainnya. “Mungkin nanti kalau pasarnya sudah besar dan stabil, kita akan bermain di kelas itu. Sekarang main di produk yang sudah ada dulu saja,” tandas Yohan.

   
Penulis: