Suzuki Rilis Spesifikasi Resmi GSX150 Bandit, Berapa Harganya?

Sepeda-.info – Setelah sempat dipamerkan dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang beberapa waktu lalu, Indonesia akhirnya merilis motor GSX150 Bandit. Meski tampak seperti GSX-S150, namun varian ini membawa sejumlah perbedaan dibandingkan ‘saudaranya’ tersebut.

Suzuki GSX150 Bandit – bonsaibiker.com

Dilansir Oto, dari sisi dimensi, bodi ini lebih pendek 20 mm dibandingkan varian GSX-S150, namun punya lebar dan panjang yang tetap, yaitu 745 mm dan 1.035 mm. Jok pengendara juga lebih tinggi 5 mm karena ada penebalan busa demi kenyamanan yang lebih baik untuk pengendara. Hasilnya, bobot pun bertambah 5 kg menjadi 135 kg.

Selain punya busa yang lebih tebal, tempat duduk Suzuki GSX150 Bandit juga memiliki profil yang berbeda dengan kepunyaan GSX-S150. Sepeda motor ini menggunakan yang lebih kasar seperti motif kulit jeruk. Hal tersebut bertujuan agar bokong pengendara serta pengemudi menempel dengan tepat ketika duduk. Tinggi jok pun dibuat lebih rendah 30 mm daripada varian GSX-S150.

“Rangka membutuhkan semacam desain baru, dan rangkanya pun menambah bobot dibandingkan model GSX-S150, dan penyumbang terbesar (bobot) sih rangka,” jelas Supervisor Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harsoyo. “Kemudian, lampu depan baru juga menambah bobot, meskipun tidak signifikan.”

Sementara, untuk sektor ban, kedua sepeda motor ini sama-sama menggunakan ban tubeless berukuran 90/80-17 untuk bagian depan dan 130/70-17 untuk bagian belakang. Perbedaannya hanya terletak pada alur (pattern) ban. Suzuki GSX150 Bandit menggunakan alur baru yang diklaim lebih stabil untuk ditunggangi dan nyaman ketika berkendara jarak jauh.

Beralih ke bagian jantung pacu, kuda besi ini juga mengusung yang mirip dengan GSX-S150. Pabrikan membenamkan berkapasitas 150cc, DOHC, pendingin cairan. Dengan modal tersebut, GSX150 Bandit diklaim mampu menyemburkan daya maksimal 19,17 PS pada putaran 10.500 rpm dan meraih torsi puncak di angka 14 Nm pada putaran 9.000 rpm.

“Meski ada beberapa kemiripan antara GSX 150 Bandit dengan GSX-S150, tetapi segmen yang disasar oleh kedua motor itu berbeda,” timpal Marketing 2W Section Head PT SIS, Banggas Pardede. “Suzuki GSX-S150 itu untuk pengendara yang suka ngoprek, terutama dari segi , kalau GSX150 Bandit itu lebih dijadikan sebagai kendaraan primer.”

Suzuki Indonesia sendiri cuma menjual GSX150 Bandit dalam varian shuttered key. Lalu, berapa sepeda motor ini? Sayangnya, belum ada informasi resmi dari pabrikan berlambang S hingga artikel ini ditayangkan.

   
Penulis: