Tips Modifikasi Mesin Motor Honda CB 100 Jadi Lebih Garang

 94402 views

CB 100 jadi  200cc? Apa bisa? Jawabannya tentu bisa. Mau tahu caranya? Simak pembahasan kali ini mengenai mesin CB 100 jadi lebih garang.

Motor  Honda adalah satu diantara koleksi wajib bagi orang yang suka mengoleksi sebuah motor jadul. Honda CB 100 yang di produksi oleh honda motor pada th. 1971 sampai 1981, masih terus eksis sampai waktu ini. Motor ini menjadi koleksi yang keren apalagi jika dimodifikasi sehingga tampak lebih fresh dan gak jadul lagi.

Bagi Anda yang ingin memodifikasi mesin Honda CB 100 ini , pertama-tama Anda bisa memilih apakah Anda ingin memodifikasi secara sederhana atau berat, sesuai keinginan Anda. Untuk Modif ringan yang bisa Anda lakukan adalah mulai dari memperbesar cc motor honda CB 100. Mengganti pengapian motor Honda CB100 dengan yang lebih besar atau Karburator diganti dengan spuyer yg lebih besar.

Sedangkan untuk Modif Berat intinya hampir sama, tapi biasanya dengan mengambil satu set blok kop milik GL Max/pro. Kemudian piston juga bisa menerapkan milik Honda Tiger, namun harus dengan syarat-syarat tertentu. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa tips modifikasi Mesin CB 100 agar lebih garang.

Salah satu modifikasi bisa dilakukan yaitu dengan memodifikasi mesin cb 100 segarang honda Tiger. Sebagian orang mungkin sudah mengetahui kalau honda tiger masih memakai teknologi honda CB/GL, bahkan pengapian juga memakai DC, bedanya pada Tiger memakai electric stater, CDI dan 6 speed sementara CB/GL hanya menggunakan platina 5 speed.

Maka dari itu, mesin CB/GL masih bisa untuk di dongkrak menjadi 200cc. Yang perlu dilakukan hanya naikkan stroke. Jadi Kunci dari perubahan mesin CB 100 dan GL menjadi Tiger hanya ada di bagian Kruk-as serta boring/ silinder block. Tiger memiliki langkah 63 sedangkan CB dan GL masih 49.5. sama seperti honda grand dan supra 100.

Langkah pertama langsung pada bagian krus-as CB diganti kruk-as tiger. Kemudian langsung ke senggol bagian boring/liner tiger. Liner tiger selain memiliki stroke yang panjang, juga memiliki sirip yang lebar jadi jika dipasang di CB atau GL kelihatan gagah dan penuh.

Untuk biaya yang diperlukan untuk modifikasi mesin honda cb 100 tersebut ternyata tidak terlalu banyak. Namun untuk melakukannya juga wajib memiliki skill mumpuni.

Selain modifikasi seperti yang dijelaskan di atas, Anda bisa memodifikasi motor honda CB 100 Anda pada bagian-bagian lain sesuai selera. Demikian sedikit tips dari kami, semoga bermanfaat.

   
Penulis: