7 Aliran Modifikasi Sepeda Motor Paling Ngetren Dan Keren

 34676 views

Seiring berkembangnya dunia otomotif khususnya sepeda , beberapa aliran motor telah bermunculan yang masing-masing memiliki karakter dan bentuk berbeda. Dengan banyaknya aliran dalam sepeda motor ini akan semakin memperkaya kreatifitas dalam mengoprek si kuda besi.

Jika Anda berniat memodifikasi sepeda motor Anda sesuai dengan aliran-aliran modifikasi yang ada, Anda perlu mengetahui apa saja dan bagaimana aliran-aliran modifikasi motor tersebut. Dalam setiap aliran memiliki perbedaan yang sangat menonjol antara satu dengan lainnya.

Berikut kami rangkumkan 7 aliran modifikasi paling ngetren dan keren saat ini yang bisa menjadi pertimbangan sebagai konsep dasar memodifikasi motor Anda:

Aliran modifikasi yang tengah booming dan ngetren di Indonesia ini membuat banyak bengkel modifikasi yang berkonsentrasi menjadi spesialis Cafe Racer. Cafe Racer sebenarnya aliran modifikasi yang termasuk dalam kategori motor kustom dimana motor biasanya disesuaikan agar terlihat seperti motor lomba ala 60-an.

Ciri-cirinya, handle diganti dengan clip, tuil brek belakang dan gear digeserkan kebelakang sedikit tangki ditukar seperti tangki lomba. Mengendarai motor Cafe Racer mencerminkan karakter penggunanya yang kuat dan garang.

  1. Chopper

Aliran modifikasi ini memiliki ciri tersendiri dimana fork atau garpu depan dibuat sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain khusus dengan panjang garpu tersebut.

  1. Bobber

Aliran modifikasi bobber ini lahir lebih dulu dibanding chopper. Prinsip keduanya sama yaitu memotong beberapa bagian, namun pada bobber sasis tetap standar. Ciri utama modifikasi bobber terletak pada bagian yang cenderung profilnya gendut untuk depan maupun belakang.

  1. Jap’s Style

Aliran modifikasi ini juga tenar di dunia modifikasi tanah air yang mulai dikenal oleh para modifikator Indonesia pada awal tahun 2000 dan sampai saat ini masih tetap diganderungi oleh pecinta modifikasi di Indonesia. Aliran ini sangat cocok dengan sepeda motor yang ada di Indonesia karena kebanyakan menggunakan mesin kecil.

  1. style

Modifikasi trail atau yang biasa disebut motor cross ini harus melakukan perubahan total pada tampilan motor terutama pada bagian kaki-kaki. Ciri-ciri dari aliran ini adalah suspensi yang panjang, ban kembang tahu atau pacul dengan ukuran ring besar, stang rata, knalpot undertail, ditambah dengan peningkatan torsi mesin.

  1. SuperMoto

Aliran ini memang masih satu keturunan dengan trail namun berbeda pada ban yang digunakan. Umumnya menggunakan ban khusus aspal dengan diameter pelek berukuran 17 inci yang memiliki tapak lebar.

  1. Sport Racing dan Sport Fashion

Dari aliran Sport Racing dan Sport Fashion ini masih ada 2 bagian lagi yaitu model naked bike dan MotoGP look. Untuk aliran Sport Racing biasanya dibuat agar motornya terlihat lebih racing.

   
Penulis: