Triumph Ikutan Kembangkan Motor Listrik Bernama Project TE-1

 20 views

London legendaris asal Inggris, Triumph rupanya tak ingin tertinggal dari Harley-Davidson dalam urusan elektrik. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu HD telah memperkenalkan varian andalannya, LiveWire. Oleh sebab itu, kini Triumph juga ingin menjajal peruntungan di segmen yang sama.

Triumph Ikutan Kembangkan – www.suara.com

Seperti dilaporkan Autoevolution, Triumph bahkan mengonfirmasi jika pihaknya menjalin kerja sama dengan grup Williams Advanced Engineering yang selama ini dikenal sebagai sponsor daya listrik mobil Formula E. Grup itu kelak akan bertugas untuk menciptakan baterai motor listrik Triumph. Adapun motor listrik hasil kolaborasi ini dinamai Project TE-1. Selain grup Williams Advanced Engineering, proyek ini pun melibatkan mitra proyek Integral Powertrain dan WMG di University of Warwick serta lembaga pemerintah Innovate UK.

Nantinya insinyur Triumph sendiri yang akan merancang sasis, mengurus teknik, dan merakit bodi motor. Lalu baterai dan integrasi akan ditangani oleh Williams Advanced. Sektor penggerak elektrik menjadi tanggung jawab Integral Powertrain dari penelitian motor listrik dan inverter silikon karbida yang diintegrasikan ke dalam motor penggerak tunggal.

Kemudian WMG menyediakan keahlian elektrifikasi melalui penelitian dan pengembangan dengan pertimbangan dampak komersial melalui pemodelan dan simulasi berdasarkan kebutuhan pasar di masa depan. Dana dan administrasi Project TE-1 akan dikelola oleh Innovate UK. Setidaknya terdapat 4 fase utama dalam proyek tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan integrasi sistem.

“Project Triumph TE-1 adalah salah satu bagian dari strategi motor listrik kami, yang berfokus memberikan apa yang diinginkan dan diharapkan pengendara dari Triumph yang mereka tunggangi, yang merupakan keseimbangan sempurna dalam handling, performa dan kegunaan,” ujar CEO Triumph Motorcycles, Nick Bloor, seperti dilansir Detik.

Triumph memutuskan menggunakan powertrain listrik di masa depan karena didasari pada kebutuhan yang dinamis. “Strategi kami di masa depan difokuskan untuk memberikan platform yang paling cocok untuk kebutuhan pelanggan, kami melihat powertrain listrik Triumph sebagai persyaratan penting di samping silinder kembar dan silinder tiga,” imbuh. Steve Sargent selaku Chief Product Officer Triumph.

   
Penulis: