TVS Indonesia Gencarkan Ekspor ke Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika

 684 views

Sepeda-.info – Angka TVS di dalam negeri yang hanya mencapai 300 unit per bulan membuat PT TVS Motor Company (TMCI) tak punya pilihan lain selain dengan melakukan ekspor secara besar-besaran. Kali ini, TVS memilih Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika sebagai tujuan ekspornya.

sepeda motor tvs – autotekno.sindonews.com

 

“Kami banyak melakukan ekspor produk ke negara-negara di Afrika, Timur tengah dan Asia. Kami lebih banyak memproduksi untuk pasar ekspor ketimbang domestik,” ungkap Marketing Manager PT TMCI Rizal Rizkiawan Tandju.

Dikatakan oleh Rizal, saat ini produk yang paling banyak diekspor adalah motor bebek yakni TVS Neo XR dan Rockz dengan jumlah ekspor mencapai 2.000 unit pada bulan Mei 2016. Karawang pun kini dijadikan sebagai basis produksi motor bebek TVS untuk pasar ekspor. Selain itu, ada pula Skutik Dazz dan motor Max yang menjadi andalan TVS Indonesia.

“Paling banyak ke pasar Asia Tenggara yang memiliki permintaan motor bebek. Filipina, Myanmar, juga Afrika beberapa (negara). Kami terus membuka kemungkinan perluasan pasar ekspor. Tahun ini kami menargetkan ekspor hingga 20.000 unit,” papar Rizal.

Rizal menambahkan, produksi sepeda motor TVS untuk ekspor dari Indonesia tidak bersinggungan sama sekali dengan sepeda motor yang diproduksi di India, sebab kedua negara telah memiliki jalur dan strateginya masing-masing.

“India kan ada pabrik juga, jadi enggak ada kirim ke sana, dan ekspornya pun enggak saling ganggu. Kalau dari Indonesia, sepeda motor bebek yang di ekspor, di India malah mereka enggak bikin bebek. Kami ekspornya unit sepeda motor atau completely built-up (CBU). Buat kami ekspor sama kayak buka jaringan baru, sementara untuk yang untuk dijual di Indonesia yang ikut tren,” jelasnya.

   
Penulis: