Pabrikan Cina Bikin Kembaran Yamaha R3, Desain sama persis!

 7711 views

Beijing, Cina – Produsen asal Cina, Chongqing XGJAO Co, membuat sesosok sportbike yang sekilas tampak sama persis dengan Yamaha YZF R3. bikinan Cina ini diberi nama XGJ350.

XGJ350 – pertamax7.com

 

Dilansir Motorbeam (27/4), Kemiripan tampak merata hampir di semua sudut, mulai dari ciri khas yang atraktif, fairing, headlamp, bodi, hingga tangki yang tampak menduplikasi racikan pabrik asal tersebut.  

Di sektor dapur pacu, sportbike berjuluk XGJ350 ini dibekali kubikasi mesin yang lebih besar dari YZF R3. Jika Yamaha YZF R3 menggunakan mesin bervolume 321 cc, lain halnya dengan XGJ350 yang menggendong mesin berkapasitas 350 cc.

Begitu juga dengan pencahayaan. Sportbike asal negeri panda ini justru selangkah lebih baik dari R3 karena telah memanfaatkan lampu projektor yang dikelilingi lampu LED DRL (daytime running light).

Meski banyak yang mengecapnya sebagai produk plagiat, XGJ350 tetap berhasil membuat banyak pihak penasaran. Meski begitu, belum didapat detail dari motor besutan Chongqing XGJAO. Harganya pun masih menjadi misteri.

Penasaran dengan kembaran Yamaha R3 buatan China ini? Sepertinya Anda harus bertandang ke negara tetangga karena XGJ350 tidak akan masuk pasar tanah air jika tidak ada APM yang bersedia memboyongnya.

   
Penulis: