TVS Max 125 semi Trail, Motor Trail Murah dari TVS

 11269 views

PT Motor Company Indonesia pada pertengahan tahun lalu (Juni 2014) telah meluncurkan motor berharga terjangkau yang dilabeli nama Max 125. Motor ini diluncurkan sekaligus dengan mengusung dua berbeda yakni Sport dan Semi Trail. Untuk Sport tersedia dalam piliha Merah dan Hijau, sedangkan untuk yang tipe Semi Trail ( Dual Purpose ) mengusung 2 juga yakni Hijau dan Biru. Meski begitu, kedua ini tidak memiliki perbedaan di segi dapur pacunya.

TVS Max 125 semi Trail menggunakan mesin yang sama dengan tipe sport yakni berkapasitas 124,53 cc 4 tak yang dilengkapi SOHC technology dengan 1 silinder. Transmisinya menggunakan 4 pilihan transmisi manual dengan pembakaran . TVS Max 125 mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga mencapai 8,10 kW / 8000 rpm, dengan torsi maksimum mencapai 10,8 Nm per 5500 rpm. Komparasi mesin ini membuat TVS Max 125 dapat dikatakan memiliki akselerasi yang cukup baik.

Meski mengandalkan karburator sebagai sistem pembakaran, TVS Max 125 masih masuk dalam kategori motor sport dengan konsumsi bahan bakar yang irit yakin 53 kilometer per-liternya. Kapasitas tangki bahan bakar juga tergolong besar, yaitu mampu menampung bensin maksimal sebanyak 14,5 liter. TVS Max 125 Semi Trail dibekali dengan rem cakram berukuran 240 mm di roda depan dan rem tromol berukuran 130 mm di roda belakang untuk menjamin kemananan berkendara.

Dibanderol dengan , TVS tidak lantas mengabaikan fitur-fitur penting pada motor ini. Spedometer dan odometer analog, indikator bahan bakar, indicator gigi netral, dan indikator lampu tetap dapat Anda jumpai dalam desain yang menarik. Pada bagian stang motor disematkan tombol Electric Starter, Choke, Klakson, tombol lampu sein, Engine Cut Off, tuas lampu, dan fitur Pass Beam.

Keunggulan yang pantas ditonjolkan dari motor ini adalah penggunaan suspensi dual shock belakang spring series yang merupakan hasil inovasi terbaru dari TVS. Seri spring ini terdiri dari 2 buah pegas yang disusun secara seri pada masing-masing shock breaker. Suspensi series spring ini akan menghasilkan daya pantul yang maksimal sehingga mampu meningkatkan kenyamanan pengendara, bahkan ketika digunakan untuk berboncengan atau membawa berat.

Berbicara tentang harga, motor TVS Max 125 semi Trail ini dengan segudang fitur berkualitasnya hanya dibanderol seharga Rp 12, 9 juta. Harga ini sedikit lebih mahal dibandingkan saudara kembarnya yakni TVS Max 125 Sport yang dibanderol seharga Rp 12,6 jutaan. Harga tersebut adalah harga On The Road di beberapa kota besar di Indonesia. Harga di kota Anda mungkin lebih rendah atau lebih tinggi dari harga tersebut.

   
Penulis: