Hibrida Mobil+Sepeda Motor Terkini: Lit C-1

 4302 views

SAN FRANSISCO – Padatnya jalanan kota dan kemacetan yang mengganggu perjalanan dapat membuat kita stress. Penggunaan sepeda sebagai alternatif juga memiliki kekurangan karena beresiko terkena hujan dan panas. Namun, bagaimana jika ada yang setipis sepeda , yang dapat membantu kita menerobos kemacetan lalu lintas tanpa takut hujan dan panas.

Lit Motors, produsen automotif yang berbasis di San Fransisco, Serikat, memproduksi berkabin yang diberi nama C-1. Dengan menggunakan kendaraan ini pengendara tidak akan kepanasan, kedinginan, serta terhindar dari resiko fatal kecelakaan.

“Kendaraan kami adalah alat transportasi masa depan.” Ujar Danny Kim, pendiri Lit Motors, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (18/5/2015).

Ia menjelaskan, C-1 mengkombinasikan romantisme dan efisiensi pada sepeda motor dengan keamanan dan kenyamanan pada mobil. Di dalam kabin juga bisa dinaiki satu penumpang selain pengendara, yakni di dalam kabin bagian belakang.

Sepeda motor ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 160 kilometer per jam. Kecepatan dari 0 sampai 100 km/jam dapat dicapai dalam enam detik. Tenaganya menggunakan yang dapat melajukan kendaraan hingga 320 km untuk sekali charge.

Keunggulan lainnya adalah, meski beroda dua C-1 dapat berdiri dengan stabil sehingga pengendara tidak perlu menurunkan kaki saat kendaraan berhenti.

“Rahasianya adalah C-1 menggunakan yang sudah kami patenkan yaitu gyroscopic stability system,” ujarnya.

stabilitas bekerja dengan bantuan torsi. tetap berputar pada 10 ribu RPM saat kendaraan membutuhkan kestabilan. Dalam pengujian dengan ditarik dari sisi samping menggunakan mobil, C-1 tidak jatuh. Berbeda dengan sepeda motor biasa yang jatuh saat ditarik dari samping.

C-1 pertama kali dipamerkan pada acara 2015 Invention Awards yang diselenggarakan oleh Popular Science. Sepeda motor ini akan dipasarkan dengan USD 24 ribu atau sekitar Rp 313 juta dan akan dijual secara massal dua tahun mendatang.

   
Penulis: