TVS Punya Motor Apache RR 310 Versi Balap, Apa Bedanya dengan Versi Jalanan?

New Delhi baru saja meluncurkan sepeda terbaru bernama Apache RR 310 Race-spec yang disebut-sebut memiliki motor balapan. Bila dibandingkan dengan versi regulernya, pabrikan asal India tersebut melakukan sejumlah upgrade pada TVS Apache RR 310 Race-spec dan motor ini pun dijual bukan untuk penggunaan di jalan raya.

TVS Apache RR 310 – kobayogas.com

TVS Apache RR 310 terbaru versi Race-spec mengusung yang masih sama seperti versi sebelumnya, yakni 1 silinder berkapasitas 313 cc yang dipadukan dengan transmisi 6 percepatan. Walaupun kapasitas mesinnya masih sama, tetapi Apache RR 310 Race-spec sudah memperoleh ubahan pada knalpot dan saringan udara baru. TVS juga telah menyetting ulang ECU agar dapat meningkatkan performa pada Apache RR 310 Race-spec. Bagian footpegs pun telah dimundurkan supaya dapat meningkatkan ergonomi ketika digunakan balapan.

Upgrade yang dilakukan TVS pada varian Apache RR 310 Race-spec tersebut telah berhasil meningkatkan tenaga motor hingga 37,5 bhp pada 10.300 rpm dan mampu mencapai tertinggi hingga 175 km per jam. Tenaga tersebut lebih tinggi dari motor TVS Apache RR 310 versi standar sebesar 34 bhp dengan tertinggi 160 km per jam.

Tak hanya ubahan pada sektor mesin saja, TVS juga merancang rangka Apache RR 310 versi balap agar lebih ringan dari pabrikan. Upgrade di bagian rangka ini dilakukan demi membuat motor lebih mudah melesat ketika melintasi sirkuit balap. Pada motor TVS Apache RR 310 race spec pun seluruh alat kelengkapan di jalan pun dilepas, mulai dari lampu depan dan belakang, spion, hingga spakbor belakang. Sementara itu, untuk sektor pengereman masih memakai rem yang sama seperti versi jalanannya.

Di sendiri motor TVS Apache RR 310 sudah diperkenalkan dalam ajang Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018 beberapa waktu lalu. Khusus di Jakarta Fair, TVS memberikan launching yang sangat terjangkau untuk TVS Apache RR 310, yakni hanya Rp 49 juta untuk sekelas motor berkubikasi 310 cc. “Jika prospek ke depannya baik kemungkinan bisa naik,” ujar tenaga TVS, Wulan, (31/5) lalu, seperti dilansir Tempo.

TVS Apache RR 310 yang dihadirkan di Indonesia kabarnya diboyong langsung dari Negeri Hindustan sana. “Tapi di Indonesia sendiri TVS Apache RR 310 sudah dirakit di pabrik TVS di Karawang,” pungkas Wulan.

   
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "TVS Punya Motor Apache RR 310 Versi Balap, Apa Bedanya dengan Versi Jalanan?" Batalkan balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *