Usung Sejumlah Revisi, Yamaha R1 & Yamaha R1M Edisi 2020 Tebar Pesona

 94 views

Sepeda-.info – Perusahaan asal Jepang, Yamaha, baru saja mengumumkan pembaruan dari dua unit motor sport mereka, Yamaha YZF-R1 dan Yamaha YZF-R1M di WeatherTech Raceway Laguca Seca, AS. Bakal dirilis pada tahun 2020 mendatang, teranyar ini dikatakan punya aerodinamika yang lebih baik dan memiliki elektronik lebih komplet, serta perbaikan di sektor jeroan.

Yamaha R1M – www.gridoto.com

Pabrikan menjanjikan peningkatan dalam efisiensi aerodinamis sekitar 5,3 persen. kedua motor tersebut dibuat lebih kaku ada penyematan plat yang terbuat dari material titanium di bagian bawah knalpot. Baik Yamaha R1 maupun Yamaha R1M juga akan menggunakan tangki bahan bakar berjenis aluminium.

Untuk menyesuaikan dengan aturan emisi di Eropa, varian Yamaha R1 2020 sudah dibekali dengan knalpot yang dilengkapi empat katalisator. Satu dipasang di depan ruang buang dan tiga lainnya diletakkan di belakang. Sistem knalpot anyar ini juga didesain untuk melindungi pengendara dari panas motor serta punya fitur pengurangan kebisingan.

Pembaruan juga dilakukan pada sektor mesin. Bagian mesin yang diperbarui adalah saluran intake dan airbox yang diharap meningkatkan kinerja mesin. Sensor Posisi Akselerator dengan Pegangan (APSG) yang baru telah digabungkan dengan sistem Yamaha Controlled Throttle (YCC-T) throttle by wire untuk menghilangkan kabel throttle yang digunakan pada sebelumnya. Menurut Yamaha, ini akan mengurangi berat dan memberikan operasi throttle yang lebih halus.

Dapur pacu sepeda motor tersebut masih mengandalkan mesin crossplane berkapasitas 998cc, yang kompatibel dengan regulasi Euro5. Bedanya, ada perbaikan di sistem dengan memakai injector bahan bakar 10-hole dari Bosch, yang dikatakan bisa menghasilkan pembakaran yang lebih efisien, dengan tenaga 199 HP.

Pada motor ini, juga sudah dilengkapi sock-breaker depan dari Ohlins ERS NPX untuk Yamaha R1M dan shock-breaker depan KYB untuk model Yamaha R1. Pembaruan lainnya, terdapat Brake Control dan Engine Brake Management, sebagai bagian dari 7 alat bantu pengendali kontrol elektronik yang dapat disesuaikan secara independen.

   
Penulis: