Viar Star Z, Motor Bebek China Mirip Jupiter Z

 12599 views

asal Taiwan (China Taipei), , memang selama ini lebih identik dengan produk-produk motor niaga atau motor dengan gerobak di bagian belakang. Namun ternyata, selain motor niaga tersebut, pabrikan ini juga tercatat pernah merilis beberapa produk motor (moped), salah satunya Viar Star Z.

viar star z – www.motorbdg.com

 

Motor ini pertama kali dirilis di pasar pada tahun 2010 silam. Saat itu, motor ini dihadirkan sebagai penerus motor bebek produksi Viar lainnya, yaitu StarfitZ.

Versi facelift dari StarfitZ ini mengalami beberapa pembaruan pada sisi bodi. Motor ini mengusung dual lamp pada lampu utama yang mirip dengan milik Jupiter Z kepunyaan Yamaha serta desain striping baru, dengan kombinasi warna merah-hitam, hijau-hitam, biru-hitam, serta warna hitam.

Secara keseluruhan, Viar Star Z memiliki dimensi 1.800 x 580 x 1.060 mm dengan jarak sumbu roda 1.760 mm dan jarak terendah ke tanah mencapai 187 mm. Motor dengan kapasitas tangki bahan bakar 3,8 liter ini juga dibekali rangka tulang punggung serta suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang lengan ayun plus peredam kejut ganda untuk menghadirkan kesan kokoh sekaligus nyaman.

Sementara untuk sektor jantung pacu, Viar Star Z menggendong mesin yang sama dengan generasi sebelumnya. Pabrikan membekali motor ini dengan mesin 4-stroke, SOHC, silinder tunggal, berkapasitas 97cc.

Untuk masalah keamanan, motor ini telah dilengkapi dengan rem model cakram di roda depan dan rem model tromol di roda belakang. Adapun sektor kaki-kaki, terpasang ban berukuran 2,59/17 di bagian depan dan ban belakang berukuran 2,75/17.

Ketika pertama kali dirilis, Viar Star Z dibanderol dengan Rp6 jutaan. Berikut teknis Viar Star Z.

Dimensi 1.800 x 580 x 1.060 mm
Jarak Sumbu Roda 1.760 mm
Jarak Terendah ke Tanah 187 mm
Kapasitas Bahan Bakar 3,8 liter
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan ayun dengan peredam kejut ganda
Ban Depan 2,59/17
Ban Belakang 2,75/17
Rem Depan Cakram Hidrolik
Rem Belakang Tromol
Tipe Mesin 4-stroke, silinder tunggal, SOHC
Volume Silinder 97cc
Diameter x Langkah 50 x 49,5 mm
Sistem Transmisi , 4-speed
Sistem Starter Elektrik dan Kick
Sistem Pengapian CDI
   
Penulis: