Yamaha Indonesia Kenalkan Motor Skuter Listrik Terbaru E-Vino

Jakarta – PT Indonesia Manufacturing (YIMM) tak ingin ketinggalan dari brand lain dan turut mengenalkan sepeda bertenaga yang dinamakan E-Vino melalui uji pasar alias market trial di daerah Kuningan, Jakarta pada Rabu (1/11) kemarin.

Yamaha E-Vino – clicccar.com

“Dengan latar belakang pengalaman kami mengembangkan kendaraan listrik, kami sangat percaya diri untuk menghadapi era kendaraan listrik di Indonesia,” kata Minoru Morimoto, Presiden Direktur YIMM di Jakarta, Rabu (1/11), seperti dilansir Antara.

Morimoto menjelaskan bahwa kendaraan listrik Yamaha telah dikembangkan sejak tahun 1993 silam. Kala itu produsen ternama asal Jepang ini mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicycle pertama, yakni Power Assist System (PAS). Sedangkan untuk sepeda motor listrik, Yamaha pertama kali mengenalkan produk Yamaha Passol tahun 2002 silam, dan terus mengembangkan -model lain seperti EC-02, Passol-L, EC-03, dan E-Vino. “Ini adalah langkah pertama kami dalam menyongsong era kendaraan listrik bersama-sama dengan Anda,” tutur Morimoto.

Untuk sebulan ke depan, YIMM menjalin kerjasama dengan 4 institusi seperti Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, dan The Breeze BSD untuk menjalani uji coba motor listrik Yamaha E-Vino. (skutik) listrik itu nantinya akan dipakai sebagai transportasi di daerah internal mereka untuk kemudian dianalisis oleh Yamaha agar dapat menghasilkan motor listrik yang sesuai dengan kebutuhan di Tanah Air.

Morimoto juga mengatakan bahwa pengenalan motor listrik ini adalah bentuk permintaan pada pemerintah sehubungan dengan Software Percepatan Kendaraan Listrik untuk Transportasi Jalan. Pasar yang disasar oleh Yamaha untuk memasarkan motor listrik adalah kawasan Eropa (Belanda, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Belgia, Swiss dan Swedia), sedangkan untuk kawasan Asia baru merambah negara Jepang dan Taiwan. “Whole penjualan kita hingga kini baru menerobos angka 10 ribu unit,” bebernya.

Secara sepintas, Yamaha E-Vino memiliki tampilan yang mirip dengan Yamaha Fino. Bedanya, motor listrik ini menggunakan sistem 2 baterai plug and play. Sehingga apabila salah satu baterai habis bisa dilepas dan diganti dengan baterai baru. Jika satu baterai terisi penuh dapat digunakan untuk menempuh perjalanan hingga jarak 30 km. Yamaha E-Vino pun hanya mampu mengangkut beban sekitar 150 kg saja.

   
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Yamaha Indonesia Kenalkan Motor Skuter Listrik Terbaru E-Vino" Batalkan balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *