Yamaha Kembangkan Konsep Sepeda Motor Hybrid

 646 views

– Produsen ternama asal Jepang, Yamaha belum lama ini kabarnya telah mendaftarkan paten sketsa sepeda hybrid besutannya. Lewat sketsa yang didaftarkan patennya tersebut, Yamaha saat ini diketahui sedan mengembangkan yang mempunyai 2 penggerak, yaitu mesin konvensional dan mesin listrik.

Yamaha Hybrid – www.harianjogja.com

tersebut menunjukkan bahwa sepeda motor listrik Yamaha nantinya akan menggunakan roda depan sebagai poros penggerak, tak lagi memakai poros dari roda belakang seperti motor pada umumnya.

Lewat gambar itu juga diketahui sejumlah komponen yang digunakan seperti motor penggerak yang ada di roda depan. Terlihat bahwa jalur kabel listrik akan menyumbangkan tenaga ke bagian roda depan. Dijelaskan bahwa kedua roda akan bekerja secara bersamaan, namun masih belum diketahui seperti apa pastinya cara kerja mesin konvensional dan motor listrik dapat dipadukan untuk menggerakkan sebuah sepeda motor.

Sayangnya, pihak Yamaha Jepang masih belum membeberkan detail dari sepeda motor hybrid tersebut dan belum diungkapkan kapan Yamaha akan mulai memproduksinya. Sampai saat ini gambar sketsa motor hybrid tersebut masih dalam tahap pengajuan dan pihak Yamaha belum memperoleh hak penuh dari konsep motor hybridnya.

Sebagai informasi, sepeda motor listrik dengan poros penggerak menggunakan roda depan tahun 2015 lalu sudah dikembangkan oleh produsen asal Jerman, BMW yang bekerjasama dengan Wunderlich. BMW dan Wunderlich memproduksi motor bernama R1200GS LC Hybrid.

Motor R1200GS LC Hybrid yang memiliki poros penggerak di roda depan diklaim dapat mengaspal dengan sekitar 20 km per jam. Yang lebih menarik lagi, roda depan pada R1200GS LC Hybrid ternyata juga dapat berjalan mundur dengan 3 km per jam.

   
Penulis: