Unit Terbatas, Yamaha R15M World Grand Prix 60th Anniversary Rilis di Indonesia

Sepeda-.info – Setelah pada awal Desember 2021 lalu melemparkan Yamaha R15M Connected untuk pasaran dalam negeri, di pertengahan bulan ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali menggoda dengan kehadiran Yamaha R15 World Grand Prix 60th Anniversary. Dirilis secara terbatas, sepeda motor tersebut dijual dengan harga Rp44,1 juta (OTR Jakarta).

Yamaha R15M World Grand Prix 60th Anniversary – www.oto.com

“Ini terbatas, jadi memang limited edition, cuma kami tidak bisa menyebutkan berapa jumlahnya. Mungkin di akhir tahun ini dan beberapa bulan ke depan, itu pun dengan jumlah yang kita kontrol pastinya limited,” papar Manager Public Relation PT YIMM, Antonius Widiantoro. “Mungkin prediksinya, motor dengan livery WGP itu akan menjadi collector item karena sangat terbatas.”

Baca juga:   Kawasaki Siap Pamerkan Motor Terbaru Bergaya Retro Z900RS Cafe di IIMS 2018

Lalu, apa yang menjadi keistimewaan varian ini? Seperti namanya, ini adalah sebuah wujud selebrasi pabrikan asal Jepang yang telah 60 tahun berkiprah di arena Grand Prix pada tahun 2021 ini. Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary Livery mengusung ‘Racing Blood of Yamaha’ yang menebarkan racing passion kepada konsumen. Livery itu terinspirasi dari merah putih pada YZR500 (0W48) yang digunakan Kenny Roberts di Grand Prix 1980 kelas 500cc.

Baca juga:   Yamaha Umumkan Harga Resmi Motor All New Vixion R, Cuma Rp 28,8 Juta!

Yamaha R15M ini membawa grafis speed block yang menempel pada sisi fairing. Warna putih menempel di sekujur bodinya, sedangkan kelir merah membalut sisi fairing, tangki, dan spakbor. Di atas M Shape Intake Duct, ada kelir warna kuning. Tak ketinggalan emblem gold terpasang pada logo pabrikan berlambang garpu tala ini. Corak itu juga menempel pada YZR-M1 pada tes pramusim MotoGP di Qatar.

Baca juga:   Masih Tes Pasar, Suzuki Katana Lagi-Lagi Dipamerkan di GIIAS 2019

Dari segi , mesin, sampai kaki-kaki, model ini tidak berbeda dengan Yamaha R15M Connected ABS biasa. Artinya, Yamaha R15M WGP 60th Anniversary masih mengusung mesin berkapasitas 155cc, SOHC, 4 katup, silinder tunggal, pendingin cairan, injeksi. Dengan modal tersebut, motor ini dapat memuntahkan tenaga maksimal 14,2 kW atau setara 19 daya kuda pada putaran mesin 10.00 rpm  dan puncak 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm.

   
Penulis: