Ducati Kenalkan Motor Panigale V2 Bayliss Championship 20th Anniversary

 99 views

Jakarta merilis sepeda teranyar sebagai wujud penghormatan pada legenda balap WorldSBK, yakni Troy Bayliss. Superbike edisi spesial Ducati Panigale V2 Troy Bayliss Limited Edition ini diperkenalkan perdana di Sirkuit Assen, Belanda, Kamis (22/7) sore. Kemunculan tersebut sekaligus untuk menandai 20 tahun kesuksesan pertama Bayliss menjuarai WSBK 2001.

Ducati Panigale V2 Bayliss Championship 20th Anniversary – www.visordown.com

Juara Dunia WorldSBK 3 kali ini memakai nomor start 21 selama 7 tahun berkiprah di WorldSBK dengan Ducati. Dalam kurun waktu itu pula, Troy Bayliss berhasil mencatatkan 52 kemenangan, 26 pole position, dan 94 podium untuk Ducati. Bayliss pun memiliki satu kemenangan dengan Ducati dalam MotoGP Valencia 2006 saat menggantikan Sete Gibernau.

Bayliss sendiri turut dilibatkan dalam pembuatan (livery) motor serta ikut memberikan nama Ducati Panigale V2 Bayliss 1st Championship 20th Anniversary. Livery Ducati Panigale V2 Bayliss ini terinspirasi dari yang digunakan pembalap berprestasi ini pada 2001. merah tradisional ala Ducati menjadi dasar dari livery. Tak ketinggalan penyematan nomor 21 serta kombinasi hijau dan putih yang mewakili bendera negara asal Ducati, Italia. Yang lebih menarik lagi, di bagian atas tangki bahan bakar juga tersemat tanda tangan Bayliss. Nomor 21 pun menghiasi bagian jok dalam bentuk bordir.

Motor Ducati Panigale V2 Bayliss 1st Championship 20th Anniversary mengedepankan berkapasitas 955 cc twin-cylinder Superquadro dengan standar emisi gas buang Euro 5. “Dengan tenaga maksimal 155 hp pada 10.750 rpm dan torsi maksimal 104 Nm pada 9.000 rpm, Ducati menjamin penunggang Panigale V2 Bayliss akan merasakan sensasi dan performa khas Bologna Bullets,” demikian seperti dilansir Motorsport.

Jika dibandingkan dengan Panigale V2 biasa, Panigale V2 Bayliss dengan berat kosong 174,5 kg ini diklaim 3 kg lebih ringan karena pemakaian baterai lithium-ion dan konfigurasi single-seater yang mempertegas kesan balap. Di bagian sasis, Panigale V2 Bayliss memakai basis frame monoshock dipadukan dengan suspensi Ohlins garpu (fork) NX30 di depan dan TTX36 untuk shockbreaker di belakang. Ducati Panigale V2 Bayliss pun ditunjang berbagai elektronik canggih, seperti pengereman ABS Bosch Cornering EVO, sama seperti milik V4.

Baca juga:   Tersedia Cuma 200 Unit, Kawasaki Buka Inden Ninja ZX-25R
   
Penulis: