9 Motor MV Agusta Produksi 2018 Kena Recall di Inggris

Varese – Produsen ternama asal Italia, MV belum lama ini dikabarkan melakukan kampanye recall alias penarikan massal untuk beberapa sepeda motornya. Tak tanggung-tanggung, MV Agusta rupa merecall 9 2018, antara lain Brutale 800 RR, Brutale 800, F3 800 RC, F3 800, F3 675, Brutale 800 RC, Brutale 800 Dragster RC, Brutale 800 Dragster RR, dan RVS. Walaupun tergolong baru, rupanya kesembilan model tersebut terpaksa ditarik kembali dari peredaran karena memiliki masalah mur dan baut yang kendor.

2018 MV Agusta Brutale 800 RR – www.cyclenews.com

Kabar kurang menyenangkan tersebut rupanya pertama kali diumumkan oleh Badan Keselamatan Jalan Raya , Driver & Vehicle Standards Agency (DFT) atau semacam NHTSA di Amerika Serikat (AS). Lewat laporannya, DFT menyatakan bahwa motor-motor MV Agusta tersebut mengalami cacat produksi di bagian baut dan mur segitiga yang terletak di fork depan, sehingga bisa menyebabkan mur terlepas dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

“Karena kesalahan produksi mungkin ada beban berlebihan di sekrup klem aksial pada garpu depan. Ini bisa menyebabkan hilangnya kendali,” demikian bunyi pernyataan resmi DFT, seperti dilansir Visordown.

Di negara Inggris sendiri rupanya jumlah unit MV Agusta yang terkena recall tidak terlalu banyak. Meski demikian, para pengguna kesembilan motor MV Agusta yang telah disebutkan diminta untuk segera datang ke bengkel MV Agusta agar bisa memperoleh perbaikan. Perbaikan yang dilakukan oleh teknisi MV Agusta nantinya tak akan dikenai biaya, alias gratis.

Kebijakan recall atau penarikan kembali unit motor MV Agusta Brutale 800 RR, Brutale 800, F3 800 RC, F3 800, F3 675, Brutale 800 RC, Brutale 800 Dragster RC, Brutale 800 Dragster RR, dan RVS tersebut memang sejauh ini baru berlaku di kawasan Inggris saja. Masih belum diketahui apakah unit motor yang sama di negara lain juga mengalami permasalahan serupa atau tidak. Tetapi apabila khawatir dengan keselamatan, tak ada salahnya jika para pengguna datang untuk mengecekkan motornya di bengkel resmi terdekat.

   
Penulis: