Cara Simpel Modifikasi Lampu LED pada Sepeda Motor

 2535 views

memang semakin canggih dari hari ke hari. Tak cuma melulu pada , modifikasi juga banyak dilakukan untuk mengubah tampilan dan desain sepeda , mulai warna bodi, bentuk jok, model stang, hingga mengganti lampu depan dengan LED (Light Emitting Diode).

modifikasi lampu LED – beritaneotomotif.blogspot.com

 

Pemasangan LED pada lampu motor memang sudah menjadi tren terbaru. Selain lebih hemat energi, cahaya yang dipancarkan dari lampu model ini juga diklaim lebih putih dan terang. Beberapa motor keluaran terbaru seperti PCX 150, Vario FI, Vario 150 eSP, hingga All New Mio Soul GT dan NMAX juga sudah mengaplikasikan lampu LED.

Selain motor baru, lampu LED ternyata juga bisa diaplikasikan ke motor keluaran lama. Syaratnya, motor tersebut harus memiliki kelistrikan arus DC (Direct Current) atau full wave. Memasang lampunya pun tinggal plug and play, semudah mengganti bohlam lampu. Beberapa motor keluaran lama yang sudah memiliki arus DC di antaranya Honda Verza, Honda Tiger, Honda Blade 125FI, Kawasaki Ninja RR Mono, Kawasaki Ninja 250, Yamaha Jupiter Z1, Yamaha Jupiter MX, hingga Yamaha Byson dan V-ixion.

Seperti dijelaskan sebelumnya, cara memasang lampu LED pada motor sangat mudah, tinggal plug and play. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah membongkar rumah lampu, kemudian mencopot lampu motor. Setelah itu, pengguna cukup mencolokkan tiga soket lampu LED persis sama seperti pada lampu .

Jika soket tidak pas, maka potong ujung kabel dan sambungkan dengan soket standar. Jangan lupa, setelah tersambung, lapisi ujung kabel tersebut dengan isolasi. Setelah lampu LED terpasang pada port, pasang kembali rumah lampu pada tempatnya. Lampu LED pun sudah siap digunakan.

Selain pada lampu utama, lampu LED juga bisa dipasangkan pada spion untuk menambah kesan keren pada tampilan motor. Pemasangannya juga praktis seperti pada headlamp. Namun sebelumnya, konsumen memang terlebih dulu harus membuat lubang pada spion sebagai tempat masuk kabel lampu LED.

Lampu LED hadir dalam berbagai macam tipe, mulai tipe H4, H6, hingga H7 dengan daya rata-rata 15 Watt hingga 18 Watt. Harga masing-masing lampu juga beragam, tergantung merek dan besaran daya, mulai Rp175 ribuan untuk hingga Rp600 ribuan.

Baca juga:   Tips Cara Modifikasi Motor Honda CB 100 Klasik Jadi Lebih Perkasa
   
Penulis: 

Komentar ditutup.