Rakit Motor Matik, pabrik AHM Plant Cikarang Cuma Butuh Waktu 5.5 Detik

 2155 views

Cikarang – PT Astra (AHM) memiliki 4 produksi di yang salah satunya berada di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini merupakan milik Honda yang terbesar di dan bergerak di bidang perakitan motor berjenis matik.

proud2ride.wordpress.com

 

“Di pabrik Cikarang, kami merakit 4 motor. Semuanya adalah motor , seperti Vario, Beat ESP, Scoopy, dan Spacy. Sedangkan di pabrik lainnya untuk memproduksi motor bebek (cub) dan motor .” ujar  Dodi Sutriyadi, General Manager AHM Plant Cikarang, saat pencari berita melakukan kunjungan ke pabrik milik AHM ini, kemarin (15/2).

Dodi menuturkan, pabrik AHM Plant yang berdiri di Jalan Raya Kalimantan, Blok AA-1, Cikarang Barat ini setiap harinya mampu memproduksi sekitar 8600 unit motor. Jika ditambah dengan jumlah produksi motor ketiga Plant lainnya di kawasan Sunter, Pegangsaan, maupun Karawang, menjadi 15.000 unit perhari.

“Untuk itu dalam satu tahun, kami mampu memproduksi hingga 5,8 juta unit motor per tahun.” ungkap Dodi.

Diakui oleh Dodi, hanya butuh waktu sekitar 5,5 detik untuk memproduksi satu unit sepeda motor, karena AHM Plant memiliki 4 perakitan yang dapat dioperasikan secara bersamaan.

“Di sini (AHM Plant Cikarang), kami memiliki 4 line assembling. Setiap line, kami butuh 22 detik untuk menciptakan 4 unit motor matic. Artinya, kami cuma butuh jarak waktu 5 detik untuk merakit satu unit motor,” pungkasnya.

   
Penulis: