Daftar Merek Sepeda Motor Di Indonesia

27814 views

Persaingan pada bidang otomotif khususnya produksi sepeda motor di tanah air memang sangat tinggi. Semakin lama semakin banyak merk yang di luncurkan dengan tujuan bersaing dengan merk lainnya. dan model yang dihadirkan pun kini juga semakin bervariasi yang memiliki kelebihan masing-masing.

Pasar motor nasional pada awal tahun ini menunjukkan total penjualan 580.288 unit dari lima merek; , Yamaha, , Kawasaki, dan TVS. Selain kelima merek tersebut, masih ada banyak merek sepeda motor lain yang ada di mulai dari pabrikan Asia, Eropa, hingga lokal.

Berikut adalah daftar merek sepeda motor yang ada di Indonesia:

Honda

Honda merupakan pabrikan motor dari Jepang yang masuk ke Indonesia dibawah PT AHM.PT Astra Honda Motor (AHM). Honda menjadi pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Fokus motor: jenis bebek, sport, matic.

Yamaha motor

Yamaha motor juga merupakan pabrikan motor asal Jepang yang berdiri sejak tahun 1909.  Pabrikan ini masuk ke Indonesia dibawah bendera PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing). Fokus motor: jenis  bebek, matic, sport.

Baca juga:   Vespa Extreme, Pakem dan Modelnya

Suzuki motor

Suzuki motor merupakan pabrikan motor yang juga berasal dari Jepang. Suzuki didirikan tahun 1955 dan masuk ke Indonesia dibawah bendera PT. Suzuki Indomobil Motor. Fokus motor: jenis bebek, matic dan sport.

Kawasaki motor

Kawasaki motor juga pabrikan asal Jepang yang berdiri tahun 1949 yang masuk ke Indonesia dibawah bendera PT. Kawasaki Motor Indonesia. Fokus motor: jenis sport, offroad dan multipurpose, mini super sport, dll.

TVS Motor

TVS Motor merupakan pabrikan motor dari India yang berdiri tahun 1978 . Masuk ke indonesia melalui bendera PT TVS Motor Company Indonesia. Fokus motor: jenis sport, matic dan bebek.

Bajaj merupakan pabrikan motor dari India yang berdiri tahun 1965. Masuk ke Indonesia melalui bendera PT. Bajaj Auto Indonesia sejak tahun 2006. motor : sport

MINERVA MOTOR INDONESIA berdiri tahun 2000 dan tahun 2008 melakukan Co-Branding and Joint Manufacturing dengan SACHS Fahrzeug –und Motorentechnik Germany, yang kemudian dikenal dengan MINERVA SACHS. Fokus motor : sport, naked, supermoto dan matic.

Baca juga:   Ini Dia Motor Berkapasitas 250cc Rilisan KTM

Ducati merupakan pabrikan motor dari Italia yang berdiri tahun  1926 . Masuk ke Indonesia lewat bendera PT Supermoto Indonesia. Fokus motor: Moge (Diavel, Hypermotard, Hyperstrada, Monster, Multistrada, Streetfighter, Superbiker)

Harley-Davidson

Harley-Davidson Motor Company adalah pembuat sepeda motor Amerika Serikat yang bermarkas di Milwaukee, Wisconsin, United States yang berdiri tahun 1903. Masuk ke Indonesia lewat bendera Mabua Harley-Davidson. Jenis motor : moge.

Happy motorcycle

Happy motorcycle, PT. Anugerah Cendrawasih Sakti Motor (PT. ACSM) didirikan pada 1999. Berawal dari sebuah pabrik perakitan sepeda motor di Malang yang memproduksi dengan merk Nasional “Happy” untuk daerah Jawa Timur, kemudian tumbuh menjadi perusahaan yang profesional dengan perkembangan jaringan dealer di seluruh Indonesia. Fokus motor : jenis cube/bebek, matic, sport dan motor niaga (3 roda).

VIAR, Berdiri sejak tahun 2000, PT Triangle Motorindo sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk VIAR didirikan dengan tekad untuk menjadi salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia. Lokasi perakitan ada di Semarang, Jawa Tengah. Fokus motor: jenis bebek, sport, trail, matic dan motor niaga (3 roda).

Baca juga:   Viar Bakal Rilis Motor Listrik Desember 2016, Harga di Bawah Rp 20 Juta

Kymco / Benson

Kymco merupakan pabrikan motor dari Taiwan yang berdiri tahun 1963. Masuk ke indonesia tahun 2000an dibawah bendera PT. KYMCO Lippo Motor Indonesia namun akhirnya tutup. Tahun 2010an Kymco bangkit dengan branding baru yakni Benson dibawah bendera  PT Benson Power Mobility dari Denpasar Bali. Fokus motor: jenis .

Piaggio / Vespa

Piaggio merupakan perusahaan motor dari Italia yang berdiri tahun 1884. Bagi penunggang motor Vespa tentu tidak asing lagi dengan merk yang satu ini. Masuk ke Indonesia dibawah bendera PT. Piaggio Indonesia. Fokus motor : jenis scooter

Selain merk-merk diatas, tentu masih ada banyak merek-merk sepeda motor lain yang dapat Anda temui di Indonesia asal pabrikan China seperti Jialing, Kaisar, Kanzen, dll.

author

Comments are closed.