Edisi Terakhir Ducati Panigale R 1299 Bermesin V-Twin Diproduksi Terbatas

Jakarta – Siapa yang tak kenal dengan pabrikan gede ternama asal Italia, ? yang bermarkas di Bologna ini memiliki beragam koleksi motor dengan yang luar biasa. Tetapi salah satu legendarisnya, Panigale R 1299 akan diluncurkan dalam edisi terakhirnya alias Final Edition.

Ducati Panigale R 1299 – www.motorcyclenews.com

Motor Ducati Panigale R 1299 Final Edition disebut-sebut bakal jadi motor terakhir yang mengusung tenaga Superquadro dari Borgo Panigale. Motor tersebut merupakan salah satu contoh terbaik superbike v-twin yang pernah dibuat oleh Ducati. Mulai tahun depan Ducati Panigale V4 empat silinder akan diluncurkan untuk menggantikan posisi Panigale 1299.

Sesuai dengan namanya, edisi terakhir dari Ducati Panigale R 1299 tersebut akan diproduksi secara eksklusif, terbatas hanya berjumlah 1.299 unit saja di seluruh dunia. Uniknya, tiap unit motor Ducati Panigale R 1299 Final Edition nanti akan diberi penomoran khusus serta sertifikat eksklusif untuk semakin mempertegas kesan premium dan eksklusifitasnya.

“Ducati 1299 Panigale R Final Edition dibangun sebagai penghormatan pada kekuatan silinder kembar yang mampu menghentak trek World Superbike Championship,” demikian seperti dilansir JPNN. Ducati 1299 Panigale R sendiri bakal mencatatkan sejarah sebagai salah satu motor eksotis dan kencang di masanya. Motor tersebut menjadi superbike bermesin v-twin terakhir dari Ducati Motor Holding.

Sementara itu mesin V4 yang bakal jadi pengganti dapur pacu Ducati nantinya akan diposisikan sebagai penggerak sebelum Ducati beralih pada mesin bertenaga atau hybrid yang bisa menggantikan Ducati Panigale V4 dalam kurun waktu 1 dekade.

Adapun motor Ducati 1299 Panigale R Final Edition hadir lebih istimewa sebagai Superleggera dengan mesin V-Twin 1.285 cc yang dilengkapi dengan crankshaft lebih ringan dengan pin piston dan bantalan balancing yang ukurannya lebih besar. Sementara itu, con-rod dan katup intake serta exhaust terbuat dari material titanium. Seperti pada Panigale R, kedua piston 116 mm hanya dilengkapi 2 cincin piston, di dalam liners silinder baja. Ducati 1299 Panigale R berstandar emisi Euro4 diklaim mampu menyemburkan tenaga 209 hp pada 11.000 rpm dan torsi 142 Nm pada 9.000 rpm.

   
Penulis: