Pamerkan Pan America, Harley Terjun ke Segmen Adventure

Sepeda-.info – Pabrikan yang bermain di segmen kini punya penantang anyar. Pasalnya, Harley-Davidson, yang lebih populer dengan motor berdesain cruiser, touring, atau chopper, kini juga akan bermain di tersebut. Dalam gelaran EICMA 2019 lalu, perusahaan otomotif asal AS itu resmi memperkenalkan kuda besi petualang yang diberi nama Pan America.

Harley-Davidson Pan America – bikeadvice.in

Dalam siaran pers resminya, Harley-Davidson mengatakan bahwa Pan America dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengendara yang gemar bertualang ke berbagai wilayah. Menurut mereka, Pan America didesain dengan kemampuan melewati berbagai medan sehingga mampu diandalkan oleh pengendara untuk menjelajah ke mana pun mereka mau.

Untuk memastikan bahwa Pan America mempunyai ketangguhan di medan off-road, perusahaan telah bekerja sama dengan dua pabrikan untuk membuat komponen yang sanggup diandalkan di berbagai jenis medan. Sektor pengereman dipercayakan kepada Brembo yang membuat rem berkaliper radial monoblok dengan empat piston, sedangkan bagian memakai produksi Michelin.

Sementara, untuk urusan jantung pacu, Pan America mengusung mesin bernama Revolution Max. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.250cc, konfigurasi V-twin, yang dikatakan mampu meletupkan daya maksimal 140 HP dan mencapai torsi puncak 122 Nm. Mesin ini juga dilengkapi dengan pendinginan liquid-cooled untuk memastikan suhu mesin tetap terjaga meski motor dibawa ke medan ekstrem sekalipun.

Selain Pan America, pada saat yang bersamaan, Harley-Davidson juga memamerkan Bronx, yang bakal bermain di segmen naked bike. Berbeda dengan Pan America, meski dibekali dengan mesin Revolution Max, namun kapasitasnya lebih kecil, yakni 975cc, dengan daya puncak 115 HP dan torsi maksimal di atas 95 Nm. Konfigurasi mesin ini meminimalisasi bobot dan memaksimalkan performa kendaraan.

Sayangnya, tidak banyak spesifikasi yang bisa diungkapkan perusahaan yang berbasis di Milwaukee, baik untuk model Pan America maupun Bronx, termasuk kedua sepeda motor tersebut. Meski demikian, perusahaan memastikan bahwa motor baru mereka sudah bisa dinikmati pada akhir tahun 2020 mendatang.

   
Penulis: