Kanzen Taurus, Moped Berdesain Inovatif

 257 views

Sebelum era skuter matik merajalela, masyarakat di memang lebih senang mengendarai moped atau motor bebek untuk sehari-hari. Pasalnya, dengan dimensi yang ramping, mesin yang bersahabat, serta yang ramah di kantong, moped memiliki semua kriteria sebagai alat transportasi harian.

Kanzen Taurus – fajarwalker.blogspot.co.id

Ada banyak motor bebek yang telah diluncurkan di Tanah Air, terutama oleh -merek asal Jepang, seperti Honda, Yamaha, hingga Suzuki. Namun, selain motor asal Negeri Sakura (dan juga keluaran China), lokal juga sempat wara-wiri menghiasi segmen motor bebek di Indonesia, salah satunya Kanzen lewat varian Taurus.

Sekadar informasi, Kanzen pertama kali dibangun pada bulan Juni 2000 oleh PT Semesta Citra Motorindo yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Rini Suwandi (mantan menteri perindustrian). Kala itu, ada banyak produk motor yang dihasilkan oleh Kanzen, di antaranya Kanzen Scudetto yang bermain di segmen skuter , Kanzen Pesona, dan juga Kanzen Taurus ini.

Berangkat dari kebutuhan masyarakat Indonesia akan moda transportasi yang baik serta harga terjangkau, Kanzen Taurus resmi dirilis pada bulan April tahun 2005 silam. Motor ini hadir dengan desain yang inovatif, seperti penggunaan front fuel tank (tangki bahan bakar di depan) dan semi modulator head light yang merupakan karya orisinal para insinyur Kanzen. Inovasi lainnya adalah indikator ponsel pada panel instrumen.

Dari sekian Taurus yang pernah dirilis, varian Taurus Ultima mungkin menjadi salah satu yang fenomenal. Pasalnya, produk ini membawa desain semi-trail, yang sengaja dirancang lebih tinggi dari motor bebek biasa, dengan kemampuan redaman roda belakang yang lebih baik. Dengan setang yang lebih tinggi dan sepatbor semi-trail, Taurus Ultima memungkinkan diajak melintasi jalanan yang rusak.

Di bagian jantung pacu, Kanzen Taurus Ultima menggendong mesin tipe 4-stroke, SOHC, pendingin udara, silinder tunggal dengan sudut 10 derajat, berkapasitas 100cc atau 110cc. Dengan modal tersebut, motor ini mampu meletupkan tenaga maksimal 7,8 PS pada putaran 8.000 rpm dan menggapai torsi puncak di angka 8,04 Nm pada putaran 4.000 rpm. Berikut teknis Kanzen Taurus Ultima.

Dimensi 1.980 x 710 x 1.090 mm
Jarak Sumbu Roda 1.245 mm
Jarak Terendah ke Tanah 185 mm
Berat Kosong 109 kg
Tipe Rangka Full frame, underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan ayun, suspensi ganda
Ban Depan 250-17
Ban Belakang 275-17
Rem Depan Drum brake (tipe 100cc), cakram hidrolik piston ganda (tipe 110cc)
Rem Belakang Drum brake
Tangki 8 L
Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, pendingin udara, silinder tunggal
Kapasitas Mesin 100cc atau 110cc
Diameter x Langkah 49,5 x 55 mm
Daya Maksimum 7,8 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 8,04 Nm @ 4.000 rpm
Transmisi Manual, 4-speed
Starter Kick & Electric

Ketika pertama kali dirilis pada tahun 2007 lalu, Kanzen menawarkan Taurus Ultima dengan harga mulai Rp10 jutaan. Kini, produk bekas motor bebek ini dijual di kisaran harga Rp3 jutaan hingga Rp4 jutaan.

   
Penulis: