Honda CRF250R 2018 Resmi Dirilis, Ini Deretan Komponen yang Berubah

 105 views

Tokyo – Produsen ternama asal Jepang, Honda Co merilis motocross terbaru mereka, yaitu CRF250R 2018. Peluncuran penggaruk tanah alias trail ini dilakukan menyusul video teaser singkat yang dirilis Honda pekan lalu. Honda mengklaim bahwa generasi terbaru CRF250R mengalami banyak pembaruan, terutama di sektor , sasis, dan kelistrikan.

Honda CRF250R – www.motorcycle-usa.com

“Model terbaru ini didesain ulang untuk mencapai awalan akselerasi lebih baik, serta performa mesin lebih apik,” ujar Mikio Uchiyama, Large Project Leader Honda, seperti diwartakan Autoevolution.

Mikio menjelaskan bahwa Honda mengganti mesin Unicam dengan mesin DOHC terbaru yang putarannya lebih cepat dari sebelumnya. “Ini dipadu dengan sasis CRF450R yang mendapatkan penyempurnaan handling dan grip roda belakang,” sambungnya.

Di samping itu, Honda CRF250R model 2018 juga didukung divisi balap Honda, yaitu HRC untuk pengembangan yang lebih baik dari generasi sebelumnya. “Sehingga menjadikan motor ini paket lengkap, kompetitif, kuat, dan ampuh sebagai mesin balap,” tutur Mikio.

Bagian bore dan stroke mesin 249,4 cc yang diusung oleh Honda CRF250R sudah diubah agar memiliki akselerasi dan tenaga yang lebih baik. Honda mengungkapkan bahwa daya mesin motor trail keren ini naik 9%, dari jarak 10 meter pertama naik 3%, dan untuk mencapai jarak 30 meter naik 3,6%. Hal tersebut didapat dari konfigurasi piston dan stroke over square, klep titanium lebih besar dengan lift tinggi.

Komponen sasis dan suspensi pada CRF250R dikembangkan dari CRF450R dengan jarak sumbu roda 3 mm lebih pendek dari CRF250R sebelumnya. Suspensi depan juga sudah diganti menggunakan model upside down 49 mm merek Showa. Pengembangan sasis terbaru yang disematkan pada CRF250R membuat motor ini diklaim 20% lebih ringan. Selain itu tangki dari bahan titanium juga membuat bobot motor lebih ringan, dan kini hanya sekitar 108,1 kg saja untuk bobot basahnya.

Yang lebih menarik, Honda CRF250R versi baru juga sudah dilengkapi starter elektrik untuk menggantikan kickstarter di versi lawas. Dengan demikian, apabila motor mati secara tiba-tiba, pengemudi bisa me-restart mesinnya secara lebih mudah, apalagi bila sedang berada di medan offroad. Sayangnya Honda masih belum mengungkap beraga banderol resmi dari CRF250R model 2018.

   
Penulis: