Husqvarna FE 350, Wadah Antusiasme Penggemar Off-road Profesional

 1312 views

Selain bike, skuter otomatis, dan juga bebek, beberapa pabrikan juga sibuk merilis kuda besi di segmen penggaruk tanah atau off-road. Nama-nama tenar seperti Honda, , dan memiliki jagoan-jagoan sendiri guna bersaing di kelas ini. Namun, jika ingin menyebut merek yang memang mengkhususkan diri untuk “bermain lumpur”, kita tentu tidak bisa berpaling dari brand Husqvarna.

Husqvarna FE 350 – dirtbiketest.com

Husqvarna memang bukan merupakan nama baru di dunia off-road global. Merek ini tercatat pernah merajai segmen trail di era tahun 1970-an silam. Bisa dibilang, Husqvarna memiliki sejarah yang kuat dalam olahraga off-road, yang berasal dari legenda seperti Malcolm Smith dan JN Roberts yang biasa “merobek-robek” padang pasir dengan menggunakan motor asal Swedia tersebut.

Di era milenium ketiga, Husqvarna masih tetap fokus pada segmen trail dengan memproduksi berbagai motor, salah satunya model FE 350. Motor ini dibangun untuk mewadahi antusiasme penggemar off-road yang serius atau profesional. Dengan mesin 350cc, tempat duduk dengan ketinggian tinggi, serta mulai USD 10.499, membuat Husqvarna bersaing di segmen motor yang sangat kompetitif.

Husqvarna membangun model FE 350 di Austria. Motor ini dirancang untuk dibawa langsung ke ruang pameran dan dikendarai dari truk. Tentu saja, beragam aksesoris untuk FE 350 tersedia melalui sejumlah dealer aftermarket guna membantu Anda untuk menyempurnakan tampilan motor sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Pada tahun 2016 lalu, pabrikan merilis varian terbaru dari Husqvarna FE 350 untuk model 2017. Model terbaru ini mendapatkan peningkatan pada bagian mesin, sasis, dan juga bodywork yang baru. Suspensi depan juga telah mengandalkan WP upside down Xplor 48, sama seperti pada varian 2-stroke. Di samping itu, Husqvarna FE 350 2017 memiliki bobot yang lebih rendah dibandingkan model sebelumnya, namun dengan tenaga yang lebih besar.

Di bagian jantung pacu, motor ini menggendong mesin 4-stroke, single cylinder, berkapasitas 349,7cc. Ada banyak pengendara dan pembalap di luar sana yang menginginkan penampilan seperti KTM namun tanpa “berenang” bersama oranye. Jika Anda termasuk salah satunya, maka Husqvarna FE 350 terbaru adalah pilihan yang sangat baik. Berikut teknis Husqvarna FE 350.

Tipe Mesin 4-stroke, single cylinder
Mesin 349,7cc
Diameter x Langkah 88 mm x 57,5 mm
Sistem Starter Electric starter
Sistem Transmisi Manual, 6-speed
EMS Keihin EMS
Tipe Rangka 25CrMo4 steel central-tube frame
Suspensi Depan WP upside down Xplor 48 with preload adjuster
Suspensi Belakang WP shock absorber with linkage
Rem Depan Brembo twin-piston floating caliper, brake disc 260 mm
Rem Belakang Brembo single-piston floating caliper, brake disc 220 mm
Jarak Terendah ke Tanah 370 mm
Tinggi Jok 970 mm
Kapasitas Tangki 8,5 L
Berat Kosong 106,8 kg
   
Penulis: