Inilah Kelas-Kelas Kompetisi Vespa Balap Di Indonesia

 22506 views

Vespa mungkin tidk setenar kompetisi-kompetisi lainnya seperti bebek hingga motorcross. Namun ternyata sebelum balap bebek ramai peminat, balap vespalah yang cukup diminati. Tetapi lambat laun 2 tak mulai tidak diminati lagi sehingga balap inipun kembali meredup.

Tapi mulai beberapa tahun terakhir, even balap vespa kembali hidup terutama di sekitar daerah Jawa Barat. Memang tak mudah mengendalikan vespa untuk ajang balap. Dengan roda 10 inci, dek lebar dan mesin yang berapa di samping kanan, ditambah jika melintasi sirkuit patah-patah, tentu menjadi kesulitan dan keserun tersendiri dari balap vespa.

Sudah ada banyak kompetisi yang pernah digelar untuk ajang balap vespa. Namun untuk kelasnya, masing-masing kompetisi memiliki masing-masing. Salah satu mengenai kompetisi vespa balap yaitu ada , kelas NBR dan juga FFA.

Untuk kelas standar, regulasinya yaitu karbu maksimal berdiameter 20 mm, magnet standar Vespa tidak boleh dimodif, piston standar Vespa boleh dimodif, knalpot standar boleh dimodif. Girboks bebas dan maksimal 4 speed. Bodi harus standar dan tidak boleh dimodifikasi.

Sedangkan kelas NBR alias Non Blok Racing ini aturannya sedikit lebih longgar. Yakni karburator bebas, magnet bebas, piston bebas dengan maksimum diameter 62 mm, knalpot bebas, head silinder standar boleh dimodif. Bodi boleh dimodifikasi blok silinder maksimal lubang 3 dan boleh dimodifikasi.

Sementara untuk kelas free for all (FFA) lebih longgar lagi. Spesifikasi mesin bebas diatur oleh pembalap. Kelas ini memang ditujukan untuk pembalap seeded.

Salah satu kompetisi vespa balap yang pernah digelar yaitu VESPA ROAD RACE 2013. Kendaraan yang termasuk dalam kategori balap Vespa ini adalah semua kendaraan produksi Piaggio, Bajaj atau lainnya yang beraliansi dengan Piaggio Italy.

Kelas-kelas Utama yang dilombakan untuk Kejuaraan Balap Motor khusus Vespa ini adalah:
1. Kelas Standart, disingkat Kelas S
2. Kelas Tune up, disingkat Kelas T (NAMA LAMA PADA 2011 KELAS NBR)
3. Kelas FFA, disingkat Kelas FFA

Ajang balapan vespa atau scooter bergengsi lain yaitu ScooterPrix 2014 seri 1.Dengan kelas balap terdiri dari kelas Vespa Standar Pemula, Vespa Standar Open, Piaggio Matic 150cc, Piaggio Matic 190cc, Tune Up Pemula, Tune Up Open, PTS Tune Up, PTS FFA [Free for All], Vespa FFA, dan Kelas Cihui.

Kompetisi Vespa lain yang adadi yaitu Motorcycle Fest 2014, dimana dalam kompetisi ini terdapat 10 kelas vespa balap yaitu Vespa kelas , Vespa kelas 50, Vespa kelas 60, Vespa kelas 70, Vespa kelas PX Series, Vespa kelas PX Original, Lambretta Kecil, Lambretta Besar, Vespa kelas Small Frame dan yang terakhir Vespa Modern Vespa.

   
Penulis: