Jelang Pergantian Tahun, Razia Balap Liar Dilakukan di sejumlah Kota

 8914 views

Jakarta – Dini hari tadi (20/12), sebanyak 221 personel gabungan Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabhara Polda Metro Jaya, dan Propam Polda Metro Jaya, diturunkan untuk menggelar antisipasi balapan liar di kawasan Jalan Asia Afrika, Jalan Hayam Wuruk – Gajah Mada, serta di Taman Mini Indah.

Hasilnya, razia yang dilakukan mulai pukul 24.00 hingga 04.30 tersebut berhasil menjaring 20 kendaraan yang akhirnya disita yakni berupa 19 sepeda dan 1 unit mobil.

AKBP Budiyanto menyatakan, pihak polisi menyita sejumlah barang bukti terkait penindakan, diantaranya Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta beberapa barang lainnya.

“Hasil antisipasi pengebutan liar berjumlah 366 penindakan berupa penilangan terhadap pelanggar,” terang Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tersebut.

“SIM sebanyak 114 lembar, STNK 232 lembar, 19 unit, dan mobil satu unit,” lanjutnya.

Sementara itu, di Tuban, Jawa Timur juga dilakukan aksi serupa oleh petugas kepolisian dari jajaran Sat Lantas Polres Tuban. Razia dilakukan di ruas jalan utama jelang perayaan tahun baru sebagai bagian dari operasi lilin 2015, diantaranya di jalan Teuku Umar, jalan RE Martadinata, jalan Panglima Sudirman, serta jalan Gedongombo.

“Kegiatan razia kali ini adalah Cipta Kondisi dalam rangka menghadapi perayaan malam tahun baru nanti,” ujar AKP Dhino Indra Setyadi, Kasat Lantas Polres Tuban.

Dalam razia kali ini petugas berhasil mengamankan 91 sepeda motor dalam kondisi tidak ataupun tidak disertai surat-surat lengkap. Kebanyakan motor yang diamankan juga melanggar aturan karena menggunakan knalpot ‘bronx’.

   
Penulis: