Jialing JH 150D, Sport Bike Batangan Negeri Tirai Bambu

 293 views

Jika Anda sempat merasakan gempuran produk sepeda asal di awal milenium ketiga, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan brand yang bernama Jialing. Jialing merupakan asal Negeri Tirai Bambu yang telah berdiri sejak tahun 1979. Di Negeri Panda, brand ini menjadi salah satu terbesar dan setidaknya telah memproduksi lebih dari 80 varian .

Jialing JH 150D – www.ttmotorcycles.co.zw

Jialing sendiri mulai menggempur pasar roda dua Tanah Air pada tahun 1998, yang kala itu didistribusikan oleh PT Buana Jialing Makmur Sakti Motor selaku ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). Merek ini sempat populer di tengah gempuran brand-brand asal Jepang yang terlebih dulu mengaspal karena menawarkan produk dengan yang relatif murah.

Ada banyak produk Jialing yang sempat mengaspal di Indonesia, sebut saja Target yang bermain di segmen moped (motor bebek), varian Evomatic dan Lion yang bersaing di kelas motor atau skuter otomatis, seri RN di kelas motor penggaruk tanah, serta Bintang Kencana Mas dan JH di segmen motor niaga roda tiga. Dan, pada artikel kali ini, kita akan membahas Jialing JH 150D.

Jialing JH 150D merupakan varian motor asal China yang bermain di kategori street bike. Sekilas, tampilan motor ini mengingatkan kita pada Yamaha RX King, sebuah motor sport batangan yang sangat legendaris di Tanah Air, atau model Honda GL Pro. Di bagian depan, pabrikan Negeri Tiongkok membekali motor ini dengan single headlamp berbentuk kotak yang diapit dengan dua buah lampu sein mungil di samping kiri dan kanan.

Beralih ke bagian samping, layaknya street bike batangan lainnya, Jialing JH 150D juga mengusung konsep naked yang menampilkan kerangka motor tanpa balutan fairing. Tangki bahan bakar berbentuk memanjang dan tampil ramping, sedangkan tempat duduk hadir dengan model mendatar. Di bagian belakang, terdapat stop lamp yang juga berbentuk kotak.

Sementara, di bagian jantung pacu, Jialing JH 150D membawa mesin 4-stroke, single cylinder, pendingin udara, berkapasitas 149cc. Dengan modal tersebut, motor ini mampu menyemburkan tenaga puncak 9 kW dan sanggup mencapai kecepatan maksimal 95 km per jam melalui sistem transmisi manual 5 percepatan. Berikut teknis Jialing JH 150D.

Dimensi (P x L x T) 2.020 mm x 795 mm x 1.035 mm
Tipe Mesin 4-stroke, single cylinder
Kapasitas Mesin 149cc
Sistem Pendinginan Air-cooled
Daya Maksimum 9 kW
Kecepatan Maksimum 95 km per jam
Sistem Transmisi Manual, 5-speed
Sistem Starter Electric & Kick
Ukuran Ban Depan 2,75-18
Ukuran Ban Belakang 3,00-18
Berat Kosong 125 kg
Jarak Terendah ke Tanah 160 mm
Kapasitas Bahan Bakar 11 L

Sayangnya, informasi mengenai harga sepeda motor sport batangan ini sangat susah ditemukan. Namun, belajar dari pengalaman motor-motor asal China, harga Jialing JH 150D ditaksir di kisaran belasan juta rupiah.

   
Penulis: