Kawasaki Bersiap Rilis Motor Supercharged 600cc Berjuluk R2

-.info - dikabarkan sedang bersiap untuk merilis lini motor bermesin supercharged terbaru mereka yang diketahui bernama R2. Pasalnya, hak paten untuk motor dengan 600cc itu dilaporkan juga sudah didapatkan pabrikan asal Jepang tersebut.

Kawasaki R2 supercharged – news.okezone.com

 

Ada sejumlah alasan mengapa pabrikan dengan kebesaran hijau itu mendaftarkan gambar R2 untuk dipatenkan. Pertama, karena mereka meracik supercharged sendiri. Kemudian, jalur udara untuk menyuplai supercharged sangat ringkas guna membuat mesin proporsional.

Melalui bocoran yang beredar di dunia maya, wujud R2 banyak mengadopsi hyperbike Kawasaki, yaitu H2 dan H2R. Kesamaan motor ini dengan pendahulunya terlihat pada desain rangka teralis serta inlet untuk tangki bahan bakar yang mengalir hingga ke bagian bawah jok pengendara. Meski begitu, motor ini memiliki dimensi yang lebih kompak jika dibandingkan H2 dan H2R.

Secara garis besar, sejumlah pengamat menilai bahwa desain R2 sepintas mirip dengan model ZX-R6 yang diluncurkan Kawasaki pada tahun 2008. Hal ini nyata terlihat pada bentuk bodi depan dengan lampu utama berukuran besar hingga buritan dengan posisi knalpot undertail. Sementara, piranti pengereman roda depan R2 bakal menggunakan kaliper dari Brembo.

Pihak pabrikan juga merancang injeksi multi-point. Sementara, rancangan katup buang menggunakan EXUP yang juga dipergunakan oleh motor .

Banyak pihak berharap Kawasaki R2 diperkenalkan secara resmi ke publik dalam ajang EICMA, di Milan, Italia pada November 2016 mendatang. Jika jadi terealisasi, motor ini bakal bersaing dengan NCX 750 dan Suzuki Recursion yang juga menggendong mesin supercharged.

   
Penulis: