Lima Motor KTM Enduro Terpopuler

 4531 views

Berbicara kelas enduro, mau tak mau kita harus menyebut nama KTM. Pabrikan asal Austria tersebut memang identik dengan enduro yang ditujukan untuk medan offroad. Dari sekian banyak enduro yang telah dirilis KTM, berikut beberapa yang cukup populer, baik dari sisi desain maupun prestasi yang telah diukirnya.

KTM 125 EXC

Bisa dibilang, inilah varian terendah dari motor enduro yang telah diluncurkan KTM. Dikatakan varian terendah karena motor ini memang dibuat untuk memfasilitasi keinginan anak-anak dan remaja yang berminat bermain di segmen motocross.

Meski merupakan varian terendah, namun KTM tak main-main dalam mempersenjatai motor ini. KTM 125 EXC telah dibekali bertipe 2-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 124,8cc, dengan sistem manual enam percepatan. Selain itu, motor ini juga telah mengusung suspensi teleskopik 48 mm di bagian depan serta suspensi monoshock di sisi belakang.

Di , KTM membanderol 125 EXC dengan Rp115.000.000. tersebut masih berstatus off the road.

ktm 125 exc – www.totalmotorcycle.com

 

KTM 250 EXC-F

Motor yang menjadi juara di kejuaraan E1 untuk kelas enduro ini merupakan salah satu produk paling populer di pasar motor nasional. KTM 250 EXC-F mengusung bodi yang dirancang dengan detail sehingga menyelaraskan pengendara dan motor.

Selain itu, semua model 250 EXC-F dilengkapi dengan setang kemudi super kuat yang berbentuk meruncing dan terbuat dari bahan aluminium yang ringan. Sementara, hand guard pada setir memberikan perlindungan optimal pada pengendara.

KTM 250 EXC-F mengusung mesin berkapasitas 249,9cc, 1 silinder, 4-stroke, dan disokong sistem transmisi manual 6 percepatan. Di Indonesia, motor ini dibanderol di kisaran harga Rp137 jutaan.

ktm 250 exc-f – moto.zombdrive.com

 

KTM 250 EXC Six Days

Ini adalah motor yang dibuat untuk menandai kesuksesan KTM dalam olahraga offroad. Sebagai motor yang dibuat untuk kelas enduro, KTM 250 EXC Six Days dibekali spesifikasi mumpuni di setiap sisinya. Motor ini mengusung WP suspension berdiameter 48 mm di bagian depan dan WP PDS shock absorber di sisi belakang yang bisa diatur tingkat kekerasannya

Sementara untuk jantung pacunya, KTM 250 EXC Six Days menggendong mesin bertipe 2-stroke, single cylinder, berkapasitas 249cc, dengan sistem transmisi manual enam percepatan. Motor dengan bobot kosong 101,9 kg ini juga dibekali tangki bahan bakar berkapasitas 9,5 liter, serta rem cakram di roda depan dan roda belakang.

Di Indonesia, KTM membanderol 250 EXC Six Days dengan harga Rp122.500.000. Harga tersebut masih berstatus off the road.

ktm 250 exc six days – moto.zombdrive.com

 

KTM 350 EXC-F

Di kelas enduro, selain motor 250cc, KTM juga meluncurkan motor 350cc yang punya kinerja dan ergonomi mumpuni. KTM 350 EXC-F, demikian nama motor tersebut, adalah pilihan sempurna bagi pencinta motocross dan siapa pun yang ingin memiliki motor dengan mesin tangguh dan handal di segala medan.

KTM 350 EXC-F mengusung mesin berkapasitas 349,7cc, 4-stroke, dengan electronic fuel injection yang mampu menyemburkan daya lebih dari 45 ps. Selain itu, motor ini juga disokong sistem transmisi 6 percepatan dengan kopling DS serta liquid cooled untuk menjaga kestabilan suhu mesin.

Mesin tersebut dipasang pada bingkai tabung pusat yang terbuat dari pipa baja krom molybdenum. Pengendara juga akan mendapatkan aluminium swing arm cor handal yang menawarkan kompromi sempurna antara berat badan rendah dan kekakuan optimal. Di Indonesia, KTM 350 EXC-F dibanderol di kisaran harga Rp135 jutaan.

ktm 350 exc-f – www.totalmotorcycle.com

 

KTM 690 Enduro R

Di kelas enduro, motor ini merupakan varian tertinggi yang diproduksi KTM, setidaknya hingga detik ini. Diproduksi pertama kali pada tahun 2008, motor ini mendapat pembaruan pada tahun 2009 dengan embel-embel “R”. Selain itu, model ini juga memiliki bodi berbalut oranye dengan style yang berbeda serta tinggi motor yang dinaikkan sekitar 20 mm.

Kemudian, pada tahun 2012, KTM kembali memperbarui motor ini dengan menurunkan ketinggian kursi. Di samping itu, model terbaru ini juga memperoleh pembaruan pada sektor lampu dan penyertaan tachometer. Dua tahun kemudian, penggunaan sistem ABS (Anti-lock Braking System) pada rem depan dan belakang dibuat lebih standar.

Untuk sektor jantung pacunya, KTM 690 Enduro R menggendong mesin berkapasitas 690cc, silinder tunggal, 4-stroke, dengan sistem transmisi manual enam percepatan. Di Indonesia, motor ini dibanderol di kisaran harga Rp319 jutaan.

ktm 690 enduro r – www.motorcyclespecs.co.za

 

   
Penulis: